Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sambil Nonton Ludruk, Menteri Jonan Tawari Warga Madura Air Bersih

"Jadi nanti Kementerian ESDM membangun sumur bor yang bisa melayani (masyarakat Madura). Satu sumur bor itu (bisa melayani) sampai 3000 jiwa."

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Sambil Nonton Ludruk, Menteri Jonan Tawari Warga Madura Air Bersih
TRIBUNNEWS/FITRI WULANDARI
Menteri ESDM Ignasius Jonan di acara pentas ludruk yang digelar Rumah Pergerakan Gusdur, di Kalibata Timur I, Jakarta Selatan, Minggu (30/12/2018) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Semalam atau Minggu (30/122018) malam Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan bertemu masyarakat Madura saat dia diundang nonton acara tutup tahun bersama Ludruk Rukun Karya yang digelar Rumah Pergerakan Gusdur, di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

Ke audiens, Jonan mengaku penyediaan air bersih bagi masyarakat, termasuk di kawasan Madura, juga menjadi tanggung jawab kementeriannya.

Jonan lalu menawari audiens pasokan air bersih. Dia mengaku akan memproses jika ada yang mengajukan surat melalui pemerintah daerah terkait kebutuhan air bersih warga di sana.

Air bersih menjadi salah satu isu penting di keseharian warga Madura di Pulau Madura.

"Khusus untuk Pulau Madura, biasanya tugas saya itu, saya minta Pak Gubernur atau minta bapak-bapak bupati di sana. Kalau ada wilayah atau daerah yang membutuhkan air bersih, tolong saya disurati," ujar Jonan.

Kata dia, air bersih itu bisa dipasok melalui pembuatan sumur bor yang dia sebut akan mampu melayani 3.000 jiwa untuk setiap sumurnya.

BERITA TERKAIT

"Jadi nanti Kementerian ESDM membangun sumur bor yang bisa melayani (masyarakat Madura). Satu sumur bor itu (bisa melayani) sampai 3000 jiwa," jelas Ignasius Jonan.

Baca: Reklame Coblos Kabah Romahurmuzy Disegel karena Tak Berizin, PPP Mengaku Tak Tahu-Menahu

Ignasius Jonan menambahkan, saat ini Kementerian ESDM mulai membangun sumur bor di titik-titik yang mengalami kesulitan pasokan air bersih. "Ini sudah mulai dibangun, sudah banyak di wilayah-wilayah yang sulit air," kata Jonan.

Masyarakat Madura di acara ini terlihat fokus mendengarkan program yang dia sampaikan.

Karena itu Jonan berharap dengan kehadirannya dalam acara kesenian tersebut, masyarakat bisa lebih mengenal dirinya. "Mudah-mudahan nanti dengan bapak ibu mengenal saya, nanti bisa memberitahu pimpinan daerahnya supaya mengirimkan surat ke saya," papar Jonan.

Baca: KPK Kecam Keras Proyek Air Minum Korban Tsunami Palu Jadi Bancakan Korupsi Pejabat PUPR

Melalui cara itu dia berharap bisa mengetahui dan memetakan daerah mana saja yang kesulitan mendapatkan sumber air bersih, dan membangun sumur bor di sana. "Supaya bisa dibangun sumur bor yang banyak, supaya tingkat kesehatan di sana makin lama makin baik," kata Jonan.

Audiens kemudian memberikan tepuk tangan.

Jonan menekankan, program bikin sumur bor ini tengah berlangsung dan ia berharap akan menjadi program yang berkelanjutan di daerah lainnya.

"Ini betul, ini coba nanti bapak tanya di sana, di Bangkalan, di Pamekasan, di daerah lain juga kami bangun, nanti kalau membutuhkan lagi tolong beritahu," kata Ignasius Jonan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas