Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nama Menteri BUMN Rini Soemarno Disebut di Sidang Terdakwa Eni Saragih

Ternyata, Setnov juga mendapatkan informasi itu dari Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Sofyan Basir.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Nama Menteri BUMN Rini Soemarno Disebut di Sidang Terdakwa Eni Saragih
TRIBUNNEWS/APFIA
Menteri BUMN Rini Soemarno 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, tercantum di Berita Acara Pemeriksaan (BAP), Eni Maulani Saragih, terdakwa penerima suap PLTU Riau-1.

Hal ini terungkap setelah Rudi Alfonso membacakan BAP nomor 16 milik kliennya di persidangan beragenda pemeriksaan terdakwa Eni Saragih di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa (22/1/2019) siang.

Di BAP itu dijelaskan, Eni pernah bertemu Direktur Utama (Dirut) PLN, Sofyan Basir untuk menyampaikan keinginan Mantan Ketua DPR, Setya Novanto dan pemegang saham Blacgold Natural Resources Limited, Johanes B Kotjo mendapatkan proyek PLN di Pulau Jawa.

Untuk proyek PLN di Pulau Jawa sudah penuh oleh para pengusaha yang akan menggarapnya. Namun, Sofyan mempersilahkan untuk menggarap proyek PLN selain di Pulau Jawa.

Di BAP itu, Eni menginformasikan kepada Setya Novanto proyek PLN di Pulau Jawa sudah penuh. Ternyata, Setnov juga mendapatkan informasi itu dari Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Sofyan Basir.

"Menurut Setya Novanto, 'Iya gue udah ketemu sama Rini dan Sofyan Basir, dan menurut mereka (Rini dan Sofyan) enggak bisa, tapi kalau luar Jawa sih Oke'," kata Rudi mengutip pernyataan Setnov dalam BAP Eni di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Lalu, Rudi mengonfirmasi sosok Rini seperti yang dimaksud Setnov di BAP Eni Saragih.

BERITA TERKAIT

"Rini Menteri BUMN, Rini Soemarno," jawab Eni.

Baca: Sempat Menghilang, Wakil Bupati Trenggalek Diminta Kemendagri Segera Menghadap Gubernur Jatim

Selain itu, Rudi mengonfirmasi Eni Saragih soal kaitan Rini Soemarno dengan proyek PLTU Riau-1. Eni menjelaskan, Rini merupakan menteri BUMN yang mempunyai tugas berkaitan dengan PLN.

"Menteri BUMN ini kan membawahi beberapa BUMN termasuk PLN, jadi pasti nyambung antara BUMN dengan PLN," ungkap Eni.

Sebelumnya, mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eni Maulani Saragih didakwa menerima suap senilai Rp 4,7 miliar terkait proyek PLTU Riau-1.

Dalam surat dakwaan yang dibacakan jaksa pada Kamis (29/11/2018), uang suap itu diberikan oleh pemegang saham Blakgold Natural Resources Ltd, Johanes Kotjo.

Uang diduga diberikan agar Eni membantu Kotjo mendapatkan proyek Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang (PLTU) Riau 1.

Proyek rencananya akan dikerjakan oleh PT Pembangkitan Jawa Bali Investasi (PT PJBI), Blackgold Natural Resources dan China Huadian Engineering Company yang dibawa oleh Kotjo.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas