Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

KPK Dalami Proses Pengadaan SPAM di Donggala

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami soal proses pengadaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di daerah bencana Kabupaten Donggala.

KPK Dalami Proses Pengadaan SPAM di Donggala
Ilham Rian Pratama/Tribunnews.com
Febri Diansyah 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami soal proses pengadaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di daerah bencana Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

KPK telah memeriksa Kepala Bagian Teknik PDAM Donggala Mohamad Rizal dalam penyidikan kasus suap pelaksanaan proyek pembangunan SPAM Tahun Anggaran 2017-2018 di Kementerian PUPR pada Senin (28/1/2019) kemarin.

"Untuk saksi yang dari Donggala didalami proses pengadaan yang terjadi di sana, khususnya terkait dengan daerah bencana Donggala," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (28/1/2019).

Adapun Mohamad Rizal diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto (BSU).

"Jadi, bagaimana proses pengadaan Sistem Penyediaan Air Minum yang dilakukan di Donggala itu menjadi poin yang didalami oleh penyidik hari ini terhadap saksi," kata Febri.

Baca: Dialog: Maksud Pernyataan Prabowo Soal Sebut Menkeu “Menteri Pencetak Utang” (Bag. 1)

Selain itu, KPK pada Senin juga memeriksa Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kantor Pusat Kementerian PUPR Sumito sebagai saksi juga untuk tersangka Budi Suharto.

"Kemudian untuk saksi yang kedua, penyidik mendalami proses lelang proyek pembangunan SPAM Tahun Anggaran 2017-2018 di Kementerian PUPR, itu didalami sepanjang yang diketahui oleh saksi," ujar Febri.

Dalam penyidikan kasus SPAM tersebut, KPK telah mengidentifikasi adanya 20 proyek SPAM di Kementerian PUPR yang diduga terjadi praktik suap.

KPK juga sedang mendalami pengetahuan saksi-saksi terkait proyek-proyek yang dilaksanakan oleh PT WKE dan PT Tashida Sejahtera Perkara (TSP) di Kementerian PUPR dan dugaan aliran dana dari pihak swasta ke pejabat Kementerian PUPR.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas