Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kasad dan Panglima Angkatan Bersenjata Australia Sepakat Tingkatkan Kerjasama Militer

Kerjasama itu meliputi peningkatan program pendidikan dan latihan dan menjalin kerja sama dengan Angkatan Darat negara-negara sahabat.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Willem Jonata
zoom-in Kasad dan Panglima Angkatan Bersenjata Australia Sepakat Tingkatkan Kerjasama Militer
ISTIMEWA
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa dan Panglima Angkatan Bersenjata Australia, General Angus John Campbell, sepakat akan semakin meningkatkan kerjasama militer kedua negara.

Pertemuan Andika dengan Campbell beserta rombongan tersebut dalam rangka kegiatan Courtesy Call antar pimpinan militer kedua negara.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tribunnews.com pada Rabu (20/2/2019).

“Dalam pertemuan tersebut, Kasad menyampaikan bahwa tugas TNI AD untuk menjaga serta mempertahankan keutuhan wilayah darat NKRI tidaklah mudah, sehingga dalam berbagai kegiatannya TNI AD senantiasa berupaya meningkatkan profesionalisme dan kualitas prajuritnya,” kata Candra.

Candra mengatakan upaya tersebut termasuk melalui peningkatan program pendidikan dan latihan dan menjalin kerja sama dengan Angkatan Darat negara-negara sahabat.

Pada kesempatan tersebut, menurut Candra, Andika sangat menyadari bahwa selama ini hubungan kerja sama bilateral antara Angkatan Darat kedua negara ini sudah terjalin baik.

Baca: Kunjungi Pabrik Alutsista di Brazil, Wakasad Pastikan Program Pemenuhan MEF TNI AD

BERITA TERKAIT

Menurut Candra, kerja sama tersebut merupakan salah satu yang terbesar diantara kerja sama TNI AD dengan Angkatan Darat negara-negara lainnya.

“Oleh sebab itu, salah satu inti pembicaraan dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan kerja sama militer diantara kedua negara, khususnya Angkatan Darat", kata Candra.

Candra juga mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut, Andika menyarankan beberapa hal terkait kerja sama militer kepada Campbell.

"Diantaranya adalah kegiatan latihan bersama, pertukaran dosen atau instruktur, serta peningkatan peserta didik yang diselenggarakan TNI AD maupun Angkatan Bersenjata Australia," kata Candra.

Candra mengatakan, Campbell menyambut baik saran yang disampaikan Kasad karena Angkatan Bersenjata Australia juga berharap kerja sama kedua Angkatan Darat ini, kedepannya akan berjalan semakin baik.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kasahli Kasad Mayjen TNI Felix Hutabarat, Waaspam Kasad Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, Waasops Kasad Brigjen TNI Untung Budiharto, dan Athan RI di Canberra Laksma TNI R Teguh Isgunanto.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas