Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keluarga Andi Arief Tanya Soal Perempuan

Keluarga, kata dia, cukup khawatir mengenai hal tersebut, selain juga mereka mempertanyakan kabar seputar kondisi dan dan sikap Andi

Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Keluarga Andi Arief Tanya Soal Perempuan
Kolase TribunSolo.com
Kolase Neta S Pane dan Andi Arief 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA -Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane menegaskan, saat ini pihak kepolisian kebingungan melakukan pemeriksaan terhadap Andi Arief, terutama masalah kehadiran wanita saat penangkapan.

Neta menjelaskan, hal tersebut, sebenarnya tidak penting dan di luar dari substansi pemeriksaan.
Sehingga, polisi seharusnya tidak perlu ragu untuk mengungkapkan siapa wanita itu.  "Saya tahu siapa wanita itu. Harusnya polisi bilang saja kalau wanita itu Cepu. Itu sah dan bisa selesai. Tidak perlu kebingungan begini," jelasnya saat dihubungi.

Neta mengatakan, pihak kepolisian bisa saja menjawab apapun terkait wanita tersebut. Misalnya, disematkan sebagai "teman kencan" atau "bagian dari operasi.

Sehingga, tidak perlu lagi ada pembicaraan mengenai sosok wanita yang fotonya sudah beredar.  "Bisa bilang apa saja kan? Toh, ini tidak penting. Yang penting itu, bagaimana AA ini mendapatkan barang tersebut," kata dia.

Standar operasional pihak kepolisian seperti, penggeledahan ke rumah Andi Arief juga perlu dilakukan untuk mencari alat bukti lainnya. Dengan begitu, polisi bisa fokus untuk segera menyelesaikan masalah tersebut.

Namun, hal berbeda terlihat olehnya. Kekuatan politik besar, menurut Neta, tidak tertutup kemungkinan terlibat dalam situasi seperti saat ini. "Ya bisa saja. Tidak menutup kemungkinan ada tekanan politik tertentu. Saya harap polisi tidak terpengaruh mengenai hal ini," imbuhnya.

Simpang siur masalah perempuan yang ada bersama Andi Arief saat penangkapan berlangsung, menjadi pertanyaan oleh keluarga Andi Arief. Kuasa Hukum Andi Arief, Irwin Idrus mengatakan, pihak keluarga sempat mempertanyakan perihal keberadaan wanita yang fotonya sempat beredar.

BERITA TERKAIT

Keluarga, kata dia, cukup khawatir mengenai hal tersebut, selain juga mereka mempertanyakan kabar seputar kondisi dan dan sikap Andi untuk kasus yang menimpanya. 

"Iya. Keluarga menanyakan hal itu juga. Benar atau tidak ada wanita yang bersama Pak Andi," jelasnya di kantor Dittipid Narkoba Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/3/2019) kemarin.

Namun begitu, keluarga percaya atas pernyataan penyidik bahwa tidak ada wanita yang sebagaimana dipertanyakan, saat penangkapan politikus asal Lampung tersebut. Jelas dia, penyidik sama sekali tidak mendapati keberadaan wanita yang hadir bersama Andi Arief.

"Keluarga percaya ketika dijelaskan tidak ada wanita saat proses penangkapan kemarin," lanjutnya.

Wasekjen Demokrat lainnya, Rachland Nasidik mengatakan, foto-foto yang beredar hari ini di publik, bukan berdasar pada sumber resmi, yakni pihak kepolisian. Foto-foto tersebut, tidak dapat dipercaya kebenarannya. "Polisi sendiri kok yang bicara kalau foto-foto itu bukan berasal dari mereka," tegasnya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan sosok wanita yang mengenakan busana berwarna pink dan diduga berada di kamar hotel Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief pasca penggerebekan tengah menjalani pemeriksaan.

Wanita berinisial L itu disebut tengah menjalani pemeriksaan di Direktorat IV Bareskrim Polri.
Iqbal mengatakan kepolisian tengah mendalami bagaimana L bisa memasuki kamar hotel dan berada dimana saat penggerebekan berlangsung.

Baca: Saat Debat dengan Andi Arief, Mahfud MD Pernah Diingatkan Rekannya Pak Hati-hati Itu Anak Sakau

"Bagaimana bisa masuk, pada saat penggrebekan itu dimana dia, itu sedang didalami. Saat ini dirinya di Direktorat IV Bareskrim Polri," ujar Iqbal, di Mabes Polri.

Selain itu kepolisian juga mendalami apakah L mengkonsumsi narkoba seperti Andi, serta memiliki kaitan dalam kasus ini. Di sisi lain, Iqbal membantah bahwa sosok wanita itu adalah L, caleg wanita dari partai lain, seperti isu yang beredar di masyarakat.  

"Ya betul inisial L. Tapi tidak ada kaitannya dengan yang beredar, ada yang bilang caleg, itu tidak terkait," jelasnya.

Baca: Soal Andi Arief, Mahfud MD: Polisi Harus Profesional Usut Kasus Politisi

Adapun jenderal bintang dua itu mengatakan hubungan wanita tersebut dengan Andi Arief diduga adalah sahabat. "Diduga sahabat. Kenal satu sama lain," kata Iqbal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas