Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

7 Teknik Jitu Memotret Malam Hari Menggunakan Smartphone!

Bagi mereka yang hobi memotret menggunakan smartphone, memotret di malam hari bisa dibilang bukan pekerjaan yang mudah.

Editor: Content Writer
zoom-in 7 Teknik Jitu Memotret Malam Hari Menggunakan Smartphone!
ISTIMEWA
Hasil jepretan Vivo V15 Pro. 

Memotret di malam hari memang bisa menghasilkan sebuah foto yang berbeda. Namun sayangnya, bagi mereka yang hobi memotret menggunakan smartphone, memotret di malam hari bisa dibilang bukan pekerjaan yang mudah.

Itu karena dibutuhkan trik khusus, terutama bagi mereka pengguna smartphone agar bisa menghasilkan foto malam hari yang sempurna. Dilansir dari situs eyeem.com, berikut ini hal yang bisa dilakukan:

Atur Exposure

Ketika memotret di malam hari, mengatur exposure bisa menjadi jawaban agar foto minim cahaya tampak lebih kelihatan. Untuk bisa mengatur exposure yang sesuai, kamu bisa memanfaatkan mode manual pada aplikasi kamera.

Pertahankan Kestabilan

Agar foto di malam hari tak terlihat blur, pertahankanlah kestabilan ketika memotret menggunakan smarpthone. Jika menggunakan tangan masih belum cukup, kamu bisa menggunakan tripod mini agar foto yang dihasilkan stabil tanpa blur sama sekali.

Gunakan Efek Hitam Putih

BERITA REKOMENDASI

Menggunakan efek foto hitam putih selain menutup kekurangan berfoto di malam hari ternyata bisa menghasilkan foto yang lebih artistik. Agar mudah diterapkan, manfaatkan fitur ini pada aplikasi kameramu.

Manfaatkan Backlight

Foto pada malam hari bisa membuatmu mendapatkan sumber cahaya yang ekstrim (petasan dan lampu jalanan misalnya). Jika memotret pada situasi tersebut, manfaatkan saja karena bisa menciptakan efek foto ternyata jika dilihat hasilnya sangat indah lho!

Manfaatkan Cahaya Malam!

Cahaya malam hari, seperti lampu lalu lintas, lampu perkantoran, hingga lampu kendaraan bermotor bisa menjadi unsur kreatif yang bisa kamu tambahkan ke dalam foto. Ini tentu saja menghasilkan foto yang sangat berbeda jika kamu mengambilnya di siang hari.

Gunakan Flashlight

Suka tak suka, flashlight bisa membantumu mendapatkan pencahayaan yang baik ketika memotret di malam hari. Walaupun cahaya yang dihasilkan terkesan keras dan tak alami, jika kamu mengkomposisikannya dengan baik, efek ini bisa menghasilkan foto yang berbeda dari foto malam yang pernah kamu ambil sebelumnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas