Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Mendikbud: Pelayanan Pendidikan Sudah Memuaskan

Muhadjir Effendy menyatakan rasa syukurnya bahwa tingkat pelayanan pendidikan di sudah berada di level sangat memuaskan.

Mendikbud: Pelayanan Pendidikan Sudah Memuaskan
Tribunnews.com/ Theresia Felisiani
Mendikbud Muhadjir Effendy 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan rasa syukurnya bahwa tingkat pelayanan pendidikan di sudah berada di level sangat memuaskan.

"Dunia pendidikan Insya Allah, capaiannya sangat memuaskan pada 2019 ini," kata Muhadjir saat peringatan Hari Pendidikan Nasional di lingkungan kantornya, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Menurut Muhadjir, hal tersebut tergambar dari hasil beberapa survei yang dilakukan, dimana tingkat kepuasan terhadap pelayanan pendidikan selalu berada di nomor dua di antara pelayanan yang lain.

"Bahkan di beberapa hasil survei, kita di nomor satu," ucap Muhadjir.

Capaian tersebut, kata Muhadjir, merupakan hasil kerja semua jajaran Kemendikbud dan pihak lainnya. Oleh sebab itu, harus dipertahankan untuk memberikan yang terbaik di dunia pendidikan dalam menyongsong Indonesia maju.

Baca: Fenomena Perkembangan Ekonomi Semarang di Umur Ke-472

"Kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai keterbatasan yang masih ada dalam proses pembangunan pendidikan dan kebudayaan di tanah air," katanya.

Ia menilai, dunia pendidikan di Tanah Air masih dihadapkan pada kompleksitas masalah guru dan tenaga kependidikan. Bahkan, masih sering menjumpai kasus-kasus yang tidak mencerminkan kemajuan pendidikan.

"Kita juga mencatat, anggaran pendidikan kita sekitar 63 persen dikelola daerah," ucapnya.

Oleh karena itu, Muhadjir menilai perlu diingatkan agar daerah mengambil peran yang lebih aktif dalam memanfaatkan dana APBN baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU), maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program-program prioritas, serta APBD yang menjamin anggaran pendidikan minimal 20 persen.

"Pembangunan pendidikan dan kebudayaan dalam rangka penguatan sumber daya manusia yang berkualitas, akan berjalan secara optimal manakala pemerintah daerah dan segenap pemangku kepentingan yang ada proaktif serta lebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan," tuturnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas