Tribun

Ramadan 2019

Pentingnya Pengawasan Produk dan Perlindungan Konsumen Jelang Ramadan

Simpang siur terkait aturan pengawasan produk dan perlindungan konsumen ini membuat perusahaan ritel kesulitan untuk mengikuti regulasi dan standard

Editor: Eko Sutriyanto
Pentingnya Pengawasan Produk dan Perlindungan Konsumen Jelang Ramadan
TRIBUN SUMSEL/M AWALUDDIN FAJRI
Petugas Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang saat melakukan uji laboraturium dari makanan yang dijual di Pasar Cinde Palembang, Selasa (1/7/2014). Hasil uji laboraturium ini terdapat tahu dan makanan lainnya yang mengandung formalin (TRIBUNSUMSEL/M.A.FAJRI) 

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA - Keamanan dan mutu produk di sarana ritel menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Konsumen berhak mendapatkan jaminan perlindungan dari setiap produk yang dikonsumsinya.

Sebagai ujung tombak dari distribusi produk sebelum sampai ke tangan konsumen, perusahaan ritel memegang peranan penting dalam hal pengawasan kualitas dan keamanan produk.

Namun, simpang siur terkait aturan pengawasan produk dan perlindungan konsumen ini membuat perusahaan ritel kesulitan untuk mengikuti regulasi dan standard yang berlaku.

Salah satu aturan yang menurut kebanyakan perusahaan ritel membingungkan adalah mengenai wewenang inspeksi mendadak (sidak).

Wakil Ketua Umum Aprindo, Yuvlinda Susanta mengatakan, pengawasan produk dan perlindungan konsumen menjelang Ramadan dinilai pihaknya sangat baik karena yang diuntungkan konsumen sendiri.

Baca: Sambut Ramadan, Masyarakat Dusun Sugihan Mojokerto Nyekar Berjamaah dan Gelar Tradisi Megengan

“Perlindungan terhadap konsumen ini jadi hal penting. Konsumen merupakan raja yang akan membeli produk di ritel modern. Konsumen mempunyai hak untuk membeli dan mengonsumi produk yang memiliki kualitas baik,” kata Yuvlinda Susanta di Jakarta baru-baru ini.

Menjelang bulan suci ramadan, kata Yuvlinda, banyak sekali produk yang masuk ke ritel modern dan tentunya harus diawasi untuk keamanan konsumen.

"Produk yang masuk ke ritel modern juga dipastikan aman dikonsumsi," tambah Yuvlinda.

Selama ramadan, penjualan produk di ritel modern diproyeksikan naik karena kebutuhan konsumen memang mengalami peningkatan.

Namun, kata Yuvlida, seringnya sidak tentunya berpengaruh juga terhadap penjualan ritel modern, yang pada akhirnya mempengaruhi bisnis secara keseluruhan.

Halaman
12
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas