Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jalan Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta Mulai Dibuka Setelah Ditutup Pasca-longsor

Namun, pengoperasian Perimeter Selatan masih secara bertahap alias masih dalan tahap uji coba

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Jalan Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta Mulai Dibuka Setelah Ditutup Pasca-longsor
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Jalan Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta yang akan resmi beroperasional secara terbatas mulai tanggal 20 Mei 2019 mendatang 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Akses Jalan Perimeter Selatan Bandara soekarno-Hatta, Tangerang kembali dibuka.

Kurang lebih setahun jalan tersebut ditutup pasca-longsor yang menelan korban.

Baca: Video Viral Pemotor Nyaris Jadi Korban Begal, Ini Tanggapan Polisi Hingga Camat Merasa Kecolongan

Namun, pengoperasian Perimeter Selatan masih secara bertahap alias masih dalan tahap uji coba.

PT. Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Soekarno-Hatta sepakat akan membuka Perimeter Selatan secara terbatas untuk umum tanggal 20 Mei 2019 mulai pukul 04.00 WIB.

Uji coba dilakukan hingga satu pekan atau tujuh hari untuk memperhatikan faktor keselamatan dari pengoperasian Perimeter Selatan.

Dari data yang didapatkan, Perimeter Selatan dapat dilalui dalam waktu yang telah ditetapkan antara lain dari pukul 04.00 WIB hingga 09.00 WIB dan pukul 15.00 WIB sampai 21.00 WIB.

LONGSOR - Dinding kanan underpas Jalan Perimeter Selatan, arah Bandara Soekarno Hatta, longsor hingga menutupi separuh badan jalan yang terjadi pada Senin (5/2/2018) sekitar pukul 17.45 wib. Kejadian yang terjadi saat turun hujan lebat ini mengakibatkan satu kendaraan Honda Brio warna hitam dengan 2 orang penumpang bernama Gianti dan Muthmainah tertimpa longsor. Kejadian ini mengakkibatkan kemacetan panjang karena terganggunya arus lalulintas di sekitar lokasi kejadian. Hingga pukul 19.30 proses evakuasi para korban masih berlangsung dan akhirnya telah berhasil dievakuasi oleh tim kepolisian Bandara, Avsec, Basarnas, AP II dan KKP. WARTA KOTA/Nur Ichsan .
LONGSOR - Dinding kanan underpas Jalan Perimeter Selatan, arah Bandara Soekarno Hatta, longsor hingga menutupi separuh badan jalan yang terjadi pada Senin (5/2/2018) sekitar pukul 17.45 wib. Kejadian yang terjadi saat turun hujan lebat ini mengakibatkan satu kendaraan Honda Brio warna hitam dengan 2 orang penumpang bernama Gianti dan Muthmainah tertimpa longsor. Kejadian ini mengakkibatkan kemacetan panjang karena terganggunya arus lalulintas di sekitar lokasi kejadian. Hingga pukul 19.30 proses evakuasi para korban masih berlangsung dan akhirnya telah berhasil dievakuasi oleh tim kepolisian Bandara, Avsec, Basarnas, AP II dan KKP. WARTA KOTA/Nur Ichsan . (WARTA KOTA/WARTA KOTA/Nur Ichsan)

Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simpatupang mengatakan, selama masa uji coba semua kekurangan yang diketemukan nantinya akan langsung diperbaiki.

BERITA TERKAIT

"Sehingga harapannya, Jalan Perimeter Selatan tersebut akan beroperasi seperti dulu yakni 24 Jam," kata Febri di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (15/5/2019).

Menurutnya, hal itu tertuang dari hasil kesepakatan antar instansi terkait dengan Jalan Perimeter Selatan.

Mulai dari pihak PT Kereta Api Indonesia, PT Waskita Karya, PT Virama Karya, Dinas Perhubungan Kota Tangerang dan PT Angkasa Pura II.

Hasil kesepakatan tertuang setelah masing-masing instansi terkait tersebut melaksanakan survey bersama untuk persiapan pengoperasian underpass Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Jalan Perimeter Selatan.

Febri melanjutkan, pihaknya telah mendapatkan informasi bahwa underpass di Jalan Perimeter Selatan kini secara fisik sudah 98 persen tahap pembangunannya.

"Cuma ada beberapa kekurangan yang sifatnya finishing. Seperti kelengkapan rambu, marka, penambahan separator atau media jalan serta sarana pendukung lain," tutut Febri.

Febri menegaskan, tidak ada pembatasan kendaraan pada saat jam operasional berlangsung.

Baca: Sejumlah Fakta Rumah Pribadi Menteri Basuki : Tinggal Sejak Tahun 1900-an Hingga Rela Rumah Digusur

Kecuali bagi kendaraan bertonase atau bermuatan besar seperti truk dilarang melintas karena ditakutkan dapat menabrak ketinggian underpass dan merusak jalan.

"Kalau sebelumnya kan rencananya perlintasan sebidang yang akan dioperasikan. Kini rupanya dalam perjalanan progress perbaikan underpass berjalan cukup lancar. Sehingga mencapai kata sepakat Senin 20 Mei 2019 mulai pukul 04.00 WIB akan beroperasi terbatas," tutup Febri.

Penulis : Ega Alfreda

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul : Setahun Lebih Ditutup, Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta Mulai Dibuka Bertahap

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas