Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hormati Kubu Prabowo-Sandiaga, Bawaslu Kirim Jawaban Permohonan Kasasi ke MA

Menurut dia, pada intinya upaya hukum kasasi itu sama dengan permohonan gugatan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Hormati Kubu Prabowo-Sandiaga, Bawaslu Kirim Jawaban Permohonan Kasasi ke MA
Istimewa
Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Mochammad Afifudin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Mochammad Afifudin mengatakan Bawaslu RI sudah mengirimkan surat balasan soal berkas permohonan kasasi yang diajukan kubu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ke Mahkamah Agung.

Pengajuan perkara kasasi itu terkait kecurangan dan pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) di pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Perkara itu telah diregister oleh MA dengan perkara Nomor 2P/PAP/2019 tanggal 3 Juli 2019.

Baca: Beda Pendapat Isu Prabowo-Sandi Ajukan Gugatan ke MA: Ini Kata Gerindra & Kuasa Hukum

Calon Presiden Nomor Urut 1, Joko Widodo dan no urut 2, Prabowo Subianto bersalaman usai Debat Kedua Calon Presiden, Pemilihan Umum 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).
Calon Presiden Nomor Urut 1, Joko Widodo dan no urut 2, Prabowo Subianto bersalaman usai Debat Kedua Calon Presiden, Pemilihan Umum 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). (KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

"Kami sudah memberikan jawaban. Sudah dikirim jawaban," kata Afifudin, ditemui di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (12/7/2019).

Menurut dia, pada intinya upaya hukum kasasi itu sama dengan permohonan gugatan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno terhadap Bawaslu yang diajukan pada Juni lalu.

Namun, kata dia, untuk menghormati, pihaknya mengirimkan balasan disertai dengan pertimbangan-pertimbangan.

"Kalau menurut teman-teman yang paham hukum itu kasus sama. Mestinya dalam rumusan nebis in idem. Tetapi kami hormati dengan cara memberi jawaban. Sudah dikirim jawaban," tambahnya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, MA menolak permohonan gugatan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno terhadap Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Dalam permohonannya, BPN Prabowo-Sandiaga mendalilkan ada kecurangan dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2019 secara terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

Baca: Bawaslu Sampaikan Jawaban Mirip-Mirip Sikapi Gugatan Prabowo ke Mahkamah Agung

Hal itu tertuang dalam putusan MA Nomor 1/P/PAP/2019.

Menurut Abdullah, ada ketidaklengkapan dalam gugatan BPN Prabowo-Sandiaga.

Ada beda pendapat soal gugatan

Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) berjabat tangan usai memberikan keterangan pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan terkait perolehan suara Pilpres 2019 di kediaman Prabowo Subianto di Jakarta, Kamis (27/6/2019) malam. Dalam keterangannya, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menerima hasil keputusan Mahkamah Konstitusi terkait gugatan Pilpres 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) berjabat tangan usai memberikan keterangan pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan terkait perolehan suara Pilpres 2019 di kediaman Prabowo Subianto di Jakarta, Kamis (27/6/2019) malam. Dalam keterangannya, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menerima hasil keputusan Mahkamah Konstitusi terkait gugatan Pilpres 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Pihak Prabowo-Sandi dikabarkan mengajukan gugatan kasasi kedua ke Mahkamah Agung (MA).

Namun, ada beda pendapat antara Partai Gerindra dan kuasa hukum Prabowo-Sandi.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas