Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi dan Prabowo Sudah Bertemu, Bagaimana Nasib Pemulangan Rizieq Shihab?

Presiden terpilih 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) akhirnya bertemu dengan rivalnya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Prabowo Subianto

Penulis: Daryono
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Jokowi dan Prabowo Sudah Bertemu, Bagaimana Nasib Pemulangan Rizieq Shihab?
kolase tribunnews
Pertemuan Jokowi-Prabowo, Pimpinan FPI Rizieq Shihab 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden terpilih 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) akhirnya bertemu dengan rivalnya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Prabowo Subianto, Sabtu (13/7/2019).

Pertemuan Jokowi-Prabowo ini merupakan pertemuan perdana setelah Pilpres 2019 digelar.

Pertemuan Jokowi-Prabowo berlangsung di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta.

Pertemuan pertama Prabowo dan Jokowi, pernyataan Prabowo hingga disambut sorakan We Love You.
Pertemuan pertama Prabowo dan Jokowi, pernyataan Prabowo hingga disambut sorakan We Love You. (KOMPAS.com / Kristian Erdianto)

Pertemuan keduanya diapresiasi banyak pihak karena diharapkan mampu menurunkan tensi politik di antara para pendukung keduanya.

Sebelumnya, ramai dibicarakan pemulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai syarat rekonsiliasi antara Jokowi-Prabowo.

Pemulangan Rizieq Shihab sebagai syarat rekonsiliasi Jokowi-Prabowo awalnya dilontarkan mantan juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak lewat akun twitternya pada 4 Juli 2019.

"Ini pandangan pribadi saya, bila narasi rekonsiliasi politik mau digunakan, agaknya yg paling tepat beri kesempatan kpd HABIB RIZIQ kembali ke Indonesia, stop upaya kriminalisasi,semuanya saling memaafkan.Kita bangun toleransi yg otentik,stop narasi2 stigmatisasi radikalis dll," tulis Dahnil saat itu. 

Baca: ‎Mereka yang Menjembatani Pertemuan Jokowi dengan Prabowo

BERITA TERKAIT

Soal syarat rekonsiliasi berupa pemulangan Rizieq Shihab ini kemudian dibenarkan oleh Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani dalam pernyataanya pada 9 Juli 2019.

"Ya keseluruhan bukan hanya itu (pemulangan Rizieq Shihab). Kemarin-kemarin kan banyak ditahan-tahanin ratusan orang," katanya, Selasa (9/7/2019) kepada Kompas.com. 

Presiden terpilih Joko Widodo berbincang dengan mantan Capres 02 yang juga Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto di dalam MRT, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Setelah ketegangan politik yang terjadi pasca PIlpres 2019, kedua tokoh tersebut akhirnya bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus dan bersama-sama menuju FX Sudirman. WARTA KOTA/ALEX SUBAN
Presiden terpilih Joko Widodo berbincang dengan mantan Capres 02 yang juga Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto di dalam MRT, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Setelah ketegangan politik yang terjadi pasca PIlpres 2019, kedua tokoh tersebut akhirnya bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus dan bersama-sama menuju FX Sudirman. WARTA KOTA/ALEX SUBAN (WARTA KOTA/ALEX SUBAN)

Namun, hari ini, Sabtu (13/7/2019), Jokowi-Prabowo bertemu meski pemulangan Rizieq Shihab belum terealisasi.

Lantas bagaimana nasib pemulangan Rizieq Shihab?

Berikut rangkumannya:

Tak Dibahas

Dikutip dari Kompas.com, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan bahwa pemulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tak dibahas dalam pertemuan antara Joko Widodo ( Jokowi) dan Prabowo Subianto hari ini.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas