Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendagri Malu Banyak Kepala Daerah yang Ditangkap KPK

Mendagri Tjahjo Kumolo sering mengingatkan kepala daerah untuk menjauhi daerah rawan korupsi yang salah satunya adalah jual beli jabatan.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Kemendagri Malu Banyak Kepala Daerah yang Ditangkap KPK
TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI
Bupati Kudus M Tamzil yang ditangkap KPK kemarin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar mengatakan terjaringnya Bupati Kudus, M Tamzil dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK sebagai peristiwa yang memalukan.

Pasalnya Kemendagri bahkan Mendagri Tjahjo Kumolo sering mengingatkan kepala daerah untuk menjauhi daerah rawan korupsi yang salah satunya adalah jual beli jabatan.

“Memalukan jika masih ada kepala daerah yang terlibat jual beli jabatan, Pak Mendagri sering sekali mengingatkan kepala daerah untuk menghindari area rawan korupsi yaitu perencanaan anggaran, dana hibah dan dana bansos, berkaitan dengan pajak dan retribusi daerah, menyangkut pengadaan barang dan jasa, dan menyangkut jual beli jabatan,” ungkap Bahtiar di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Baca: Biodata Lengkap Bupati Kudus Muhammad Tamzil yang Ditangkap KPK Kemarin

Bahtiar mengungkapkan pihaknya sebagai pembina kepala daerah sudah melakukan berbagai upaya agar kepala daerah tak terjebak dalam area rawan korupsi tersebut.

Bahkan pihaknya selalu mengajak kepala daerah yang baru dilantik untuk bertemu dengan KPK untuk mensosialisasikan area rawan korupsi tersebut.

“Korsupgah (Koordinasi Supervisi dan Pencegahan) KPK pun selalu memantau, namun lagi-lagi masalah tersebut kembali kepada integritas kepala daerah masing-masing.”

“Kita hormati proses hukum, silakan berjalan sebagaimana mestinya, dengan tetap menggunakan azas praduga tak bersalah hingga ada keputusan peradilan berkekuatan hukum tetap,” pungkas Bahtiar.

BERITA REKOMENDASI

KPK diketahui menangkap Bupati Kudus M Tamzil dan delapan orang lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT), Jumat (26/7/2019).

KPK menduga akan terjadi transaksi suap terkait pengisian jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus.

KPK memiliki waktu satu kali 24 jam untuk menentukan status hukum dari pihak-pihak yang diamankan.

Profil Bupati Kudus M Tamzil

Berikut profil dan rekam jejaknya sebagaimana dirangkum Tribunnews.com dari berbagai sumber:

1. Pernah Menjadi Calon Gubernur Jawa Tengah 2008

M Tamzil yang saat itu menjabat Bupati Kudus periode 2003-2008 pernah menjadi calon gubernur Jateng dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2008.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas