Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemindahan Ibu Kota Indonesia, Keamanan Kalimantan Timur Siap dan Ada Lahan 100 Hektar di Sotek

Rencana mengenai pemindahan ibu kota Indonesia sepertinya bukan lagi sebatas wacana. Sebentar lagi era pemerintahan Presiden Joko Widodo

Editor: ade mayasanto

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Rencana mengenai pemindahan ibu kota Indonesia sepertinya bukan lagi sebatas wacana. Sebentar lagi era pemerintahan Presiden Joko Widodo, konsep pemindahan ibu kota Indonesia akan direalisasi, memilih dipindah ke Pulau Kalimantan.

Sejauh ini Presiden Joko Widodo pun belum mengumumkan mengenai lokasi provinsi secara persis yang menjadi tempat Ibu Kota Baru bagi Republik Indonesia. Ada tiga kandidat yang masuk calon Ibu Kota Baru RI, yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Didengungkan, yang paling kencang ada di Kalimantan Timur, digadang-gadang sebagai calon terkuat untuk lokasi Ibu Kota Baru untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Pindah Ibu Kota, dari Rencana, Bocoran Kaltim, Bantahan Jokowi, hingga Klarifikasi Sofyan Djalil

Mengenai hal itu, dari sisi kemanan untuk wilayah calon Ibu Kota Baru di Pulau Kalimantan, pihak Kodam VI Mulawarman pun angkat bicara, membeberkan mengenai sisi keamanan dari calon lokasi Ibu Kota Baru, seperti halnya Provinsi Kalimantan Timur.

Melalui Pangilma Kodam VI Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto, mengatakan, dari sisi kesiapan tentu saja Kodam VI Mulawarman menyatakan wilayah Kalimantan Timur aman terkendali, dan Kodam VI Mulawarman selalu memperkuat dari sisi kemanan.

Baca juga: Dipindah, Ini 5 Keunggulan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Baru

BERITA TERKAIT

Beberapa waktu lalu, Pangilma Kodam VI Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto bersua dengan Menkopolhukam, membahas terkait hal kesiapan Kalimantan Timur sebagai calon Ibu Kota Baru Indonesia. Bahas soal kesiapan infrastruktur sampai sosial masyarakat budaya dan keamanan di Kalimantan Timur.

"Kita kemarin sudah diskusi bersama salah satu anggota dari Kementerian Menkopolhukam. Intinya kami Kodam VI Mulawarman dari sisi segi kemanan dan pertahanan sangat siap, Kalimantan Timur," beber Panglima Kodam VI Mulawarman ini kepada Tribunkaltim.co pada Kamis (2/8/2019).

Intinya, tambah Panglima Kodam VI Mulawarman ini, bahasannya membicarakan soal kesiapan Kalimantan Timur sebagai calon Ibu Kota Baru RI, tentu saja bahasan spesifik, Panglima Kodam VI Mulawarman enggan membeberkannya kepada Tribunkaltim.co

"Sekarang kita siap dan tentu ada penambahan-penambahan satuan baru. Rencana pemindahan Ibukota Negara Republik Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur tampaknya hampir final," ungkap Panglima Kodam VI Mulawarman.

Pemerintah menargetkan pemindahan ibu kota Indonesia bisa dilaksanakan pada tahun 2024.

Sementara pembangunannya, akan mulai dilakukan sejak 2021.

Lembaga Bappenas, menargetkan, pada tahap awal akan dibangun terlebih dahulu pusat pemerintahan.

Mulai dari kantor pemerintahan eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Baca berita selengkapnya di >>>>>>>>>>>

Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas