Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Bawa Misi Diplomasi, 103 Taruna AAL Berlayar Layari Sembilan Negara dengan KRI Bima Suci

Pelayaran itu ditujukan sebagai implementasi diplomasi guna mendukung kebijakan Pemerintah membangun Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia

Bawa Misi Diplomasi, 103 Taruna AAL Berlayar Layari Sembilan Negara dengan KRI Bima Suci
Dispen TNI AL
Pelepasan KRI Bima Suci 

Laporan Wartawan Tribunnes.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - TNI AL memberangkatkan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III Angkatan ke-66 yang tergabung dalam Satuan Tugas Kartika Jala Krida (KJK) 2019 dengan menggunakan KRI Bima Suci-945 untuk berlayar menuju beberapa negara di Asia sampai Australia.

Pelayaran itu ditujukan sebagai implementasi diplomasi guna mendukung kebijakan Pemerintah membangun Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Pelepasan Satgas tersebut dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di Dermaga Ujung, Koarmada II, Surabaya, Senin (5/8/2019).

Saat upacara keberangkatan KRI Bima Suci di Surabaya, Siwi mengatakan bahwa salah satu pilar dalam kebijakan Poros Maritim Dunia adalah Diplomasi Maritim.

"Untuk itu sebagai komponen utama pertahanan negara, TNI AL merasa terpanggil untuk menyukseskan kebijakan pemerintah dalam wujud kegiatan Diplomacy For Indonesian Global Maritime Fulcrum Brotherhood yang bertajuk pelayaran KJK 2019 dengan KRI Bima Suci," kata Siwi sebagaimana disampaikan dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut.

KRI Bima Suci – 945 dengan Komandan Letkol Laut (P) Waluyo dijadwalkan berlayar lebih kurang selama 96 hari.

Rute pelayaran yang akan dilalui antara lain Surabaya - Manila (Philipina) - Osaka (Jepang) - Busan (Korea) - Shanghai (China) - Brunei Darussalam - Lumut (Malaysia) - Phuket (Thailand) - Rangon (Myanmar) - Padang - Tanjung Benoa Bali - Darwin (Australia) - Surabaya.

Kapal tersebut berlayar dengan membawa sebanyak 103 orang Taruna AAL.

Selain diikuti Taruna AAL, dalam pelayaran kali ini diikuti juga sepuluh orang Kadet dari negara lain, yaitu lima Kadet dari Malaysia dan lima Kadet Australia.

Baca: Kemegahan KRI Bima Suci, Kapal Layar Kebanggaan Bangsa

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas