Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

20 Nasihat dari Mbah Moen yang Menyentuh Hati

Sosok Ulama NU Karismatik Maimun Zubair atau dikenal sebagai Mbah Moen, mengembuskan nafas terakhir hari ini, Selasa (6/8/2019) saat melakukan rangkai

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in 20 Nasihat dari Mbah Moen yang Menyentuh Hati
Kolase/ @Bachtera88
KH Maimoen Zubair meninggal dunia, insha Allah husnul khotimah. 

TRIBUNNEWS.COM - Sosok Ulama NU Karismatik Maimun Zubair atau dikenal sebagai Mbah Moen, mengembuskan nafas terakhir hari ini, Selasa (6/8/2019) saat melakukan rangkaian ibadah haji di Makkah.

Mbah Moen yang lahir pada 28 Oktober 1928, wafat di usia 90 tahun.

Berikut ini kutipan nasihat Mbah Moen yang menyejukkan jiwa dikutip dari http://ahmadfarieds.blogspot.com/

Berikut 20 quotes Mbah Moen bahasa Jawa dan terjemahannya:

1. Wong Yahudi iku biyen gelem mulang angger dibayar, tapi akehe kiyai saiki ngalor ngidul karo rokoan ora gelem mulang nak ora dibayar, gelem mulang angger dibayar.

(Orang Yahudi dulu mau mengajar kalau dikasih uang, tetapi kebanyakan kyai sekarang mondar-mandir sambil rokoan tidak mau mengajar kalau tidak dikasih uang).

Suasana salat jenazah almarhum KH Maimoen Zubaer di Kantor Urusan Haji Indonesia (KKHI) Daker Makkah, Selasa (6/8/2019). Salat jenazah juga akan dilaksanakan di Masjidil Haram saat salat dhuhur dan  rencananya akan dimakamkan di pemakaman Ma’la, Makkah. (Tribunnews/Bahauddin/MCH2019)
Suasana salat jenazah almarhum KH Maimoen Zubaer di Kantor Urusan Haji Indonesia (KKHI) Daker Makkah, Selasa (6/8/2019). Salat jenazah juga akan dilaksanakan di Masjidil Haram saat salat dhuhur dan rencananya akan dimakamkan di pemakaman Ma’la, Makkah. (Tribunnews/Bahauddin/MCH2019) ((Tribunnews/Bahauddin/MCH2019))

2. Wong neng dunyo iku ono bungahe lan ono susahe, kabeh iku supoyo biso dadek’ake parek marang Allah, Tapi nak neng akhirat nak susah susah tok rupane nang neroko, tapi nak seneng yo seneng tok rupane neng suargo

BERITA TERKAIT

(Orang di dunia itu ada yang senang dan ada yang susah. Semua itu supaya bisa mendekatkan diri kepada Allah, tetapi kalau di akhirat susah terus yaitu ketika di Neraka, dan senang terus ketika di Surga).

3. Kanggone wong islam nak susah yo disabari nak bungah disyukuri.

(Untuk orang Islam ketika susah disabari dan ketika senang disyukuri).

4. Apik-apik’e dunyo iku nalikone pisah antarane apik lan olo. Sakwali’e, elek-elek’e dunyo iku nalikone campur antarane apik lan olo. Mulane apik iku kanggone wong Islam, lan elek iku kanggone wong kafir.

(Bagusnya dunia itu ketika pisah antara bagus dan jelek, sebaliknya jeleknya dunia itu ketika campur antara bagus dan jelek).

5. Apik-apik’e wong iku taqwo marang Allah yoiku ora ngelakoni doso mboh iku doso cilik utowo doso gede kabeh iku di inggal.

Suasana Rumah Sakit An Nur, Makkah, Selasa (6/8/2019) tempat meninggalnya KH Maimoen Zubair. Jemaah haji Indonesia datang melayat ke rumah sakit.
Suasana Rumah Sakit An Nur, Makkah, Selasa (6/8/2019) tempat meninggalnya KH Maimoen Zubair. Jemaah haji Indonesia datang melayat ke rumah sakit. (Husain Sanusi/Tribunnews.com)

(Bagus-bagusnya orang itu ialah orang yang bertaqwa, yaitu tidak mau melakukan dosa, baik dosa kecil maupun besar semuanya ditinggal).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas