Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soal Menteri Muda, Ini Tantangan Bagi Mereka saat Emban Tugas Sebagai Pembantu Presiden

Menurut dia, para menteri muda akan menghadapi tantangan dari internal dan eksternel kementerian yang dipimpinnya

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Soal Menteri Muda, Ini Tantangan Bagi Mereka saat Emban Tugas Sebagai Pembantu Presiden
Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, Senin (29/5/2017) sore mengumpulkan seluruh jajarannya dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM - Isu menteri-menteri muda bakal mengisi kabinet kerja Presiden Joko Widodo pada periode keduanya masih terus menjadi topik pembicaraan.

Usia muda tentu memiliki tantangan tersendiri apabila menerima tugas sebagai pembantu presiden.

Menurut Peneliti di Departemen Politik dan Hubungan Internasional Center for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes, ada sejumlah tantangan yang akan mereka hadapi.

Menurut dia, para menteri muda akan menghadapi tantangan dari internal dan eksternel kementerian yang dipimpinnya.

“Di dalam, mereka harus mampu men-deliver pekerjaan kepada birokrat-birokrat senior yang pengalamannya jauh lebih panjang dibandingkan mereka,” kata Arya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/8/2019).

Sementara, sebagai seorang menteri, mereka yang dipilih Jokowi harus memiliki kemampuan manajerial yang baik.

Alasannya, mereka akan ikut menyusun rencana anggaran yang jumlahnya tidak sedikit dan mengekseusinya untuk keperluan yang luas.

BERITA TERKAIT

Arya mencontohkan, salah satu tantangan yang akan dihadapi di luar kementerian adalah kemampuan membangun jejaring yang luas dengan parlemen dan lembaga negara.

“Dia kan harus berinteraksi dengan DPR, dalam proses rapat kerja, atau dalam proses penentuan RAPBN, kalau dia enggak punya pengalaman, enggak punya jejaring politik, dia bisa jadi bahan olok-olokan, bulan-bulanan di DPR,” ujar dia.

Oleh karena itu, menurut dia, Presiden Jokowi harus melakukan seleksi mendalam sebelum menentukan siapa sosok muda yang akan duduk di kabinetnya.

“Jadi terobosan Presiden untuk membuat kabinet muda itu kita apresiasi, tapi mencarinya lumayan harus teliti, tidak bisa main-main, tidak bisa mencari orang yang populer. Karena orang yang popular belum tentu punya pengalaman,” kondisi Arya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Ini Tantangan yang Akan Dihadapi Menteri Muda jika Duduk di Kabinet Jokowi

Prediksi sosok muda yang bakal mengisi kabinet Jokowi

1. Grace Natalie

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie saat diwawancara khusus oleh Tribunnews.com di Kantor DPP PSI, Jakarta, Selasa (30/4/2019).
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie saat diwawancara khusus oleh Tribunnews.com di Kantor DPP PSI, Jakarta, Selasa (30/4/2019). (Tribunnews/Irwan Rismawan)
Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas