Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pekan Depan, Komisi III Gelar Fit and Proper Test Capim KPK

Pihak DPR RI sudah menerima surat terkait daftar nama 10 calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dikirim Presiden.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pekan Depan, Komisi III Gelar Fit and Proper Test Capim KPK
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo (tengah) menerima Pansel Capim KPK di Istana Merdeka Jakarta, Senin (2/9/2019). Kedatangan pansel yang dipimpin oleh Ketua Pansel Yenti Garnasih tersebut untuk menyerahkan 10 nama capim KPK kepada Presiden Joko Widodo. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pihak DPR RI sudah menerima surat terkait daftar nama 10 calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dikirimkan Presiden Joko Widodo.

Anggota DPR RI, Arsul Sani, mengatakan pihaknya melalui Komisi III DPR RI akan memproses 10 nama Capim KPK tersebut melalui tahapan uji kelayakan dan uji kepatutan yang dimulai pada Senin (9/9/2019).

"Tentu nanti komisi III di minggu depan akan memulai proses itu. Memulainya dengan mengumumkan 10 nama itu," kata politisi PPP itu, ditemui di komplek parlemen, Kamis (5/9/2019).

Pada tahapan uji kelayakan dan kepatutan itu, kata dia, Komisi III akan mengundang seluruh elemen masyarakat termasuk lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan penggiat anti korupsi untuk memberikan masukan.

Baca: KPK Tolak Perubahan UU, DPR Justru Sepakat Revisi

Baca: Kementan-Kodam Siliwangi Sinergi Atasi Kemarau Dengan Pompanisasi, Sumur Dangkal dan Olah Tanah

Baca: Kecanduan Main Game PUBG, Seorang Remaja di India Terkena Stroke

Pihaknya juga akan mengundang dan meminta tanggapan dari panitia seleksi Capim KPK mengenai 10 nama tersebut.

"Karena biasanya, kami menggali lebih dalam informasi dari pansel. Kalau sekarang DPR sudah boleh mengundang pansel, kalau dulu sebelum diserahkan tidak etis," tambahnya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK (Pansel Capim KPK) telah menyerahkan 10 nama calon pimpinan lembaga antirasuah kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penyerahan tersebut disampaikan Pansel Capim KPK secara langsung kepada Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/9/2019).

Setelah pertemuan dengan Presiden, Pansel Capim KPK mengumumkannya di Kantor Presiden, komplek Istana Kepresidenan, Jakarta.

Adapun 10 nama calon pimpinan KPK yang diserakan Presiden Jokowi dan nantinya dikirim ke DPR untuk uji kelayakan dan kepatutan, di antaranya :

1.Alexander Marwata – (Komisioner KPK)

2. Firli Bahuri – (Anggota Polri)

3. I Nyoman Wara – (Auditor BPK)

4. Johanis Tanak – (Jaksa)

5. Lili Pintauli Siregar – (Advokat)

6. Luthfi Jayadi Kurniawan – (Dosen)

7. Nawawi Pomolango – (Hakim)

8. Nurul Ghufron – (Dosen‎)

9. Roby Arya – (PNS Sekretaris Kabinet)

10. Sigit Danang Joyo – (PNS)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas