Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Saat Ibu-ibu Menangisi Kepergian BJ Habibie di TMP Kalibata

"Saya dari Jakarta Utara, nangis saya melihat pak Habibie udah nggak ada, dia orang baik, semua orang sayang sama dia," ujar Supani

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Saat Ibu-ibu Menangisi Kepergian BJ Habibie di TMP Kalibata
Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Suasana Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Begitu banyak warga yang datang ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) siang, untuk menyaksikan pemakaman Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie.

Pantauan Tribunnews.com, di antara mereka banyak yang terlihat air matanya menetes, ada yang matanya berkaca-kaca, hingga suara tangisan terdengar dari kerumunan para ibu yang tengah menunggu kedatangan jenazah tokoh bangsa yang akrab disapa Eyang Habibie itu.

Baca: Petugas TMP Kalibata Cerita Tiap Pekan BJ Habibie Kunjungi Makam Ainun Bawa Bunga Melati




Supani (45), warga asal Jakarta Utara ini sengaja menyambangi TMP Kalibata hanya untuk menyaksikan pemakaman Eyang Habibie yang nantinya akan dipimpin oleh Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

"Saya dari Jakarta Utara, nangis saya melihat pak Habibie udah nggak ada, dia orang baik, semua orang sayang sama dia," ujar Supani, sambil menyeka air matanya.

Ribuan orang memang tampak terfokus berada di TMP Kalibata, tempat di mana para pahlawan negara ini dikebumikan.

Meskipun cuaca cukup panas, namun tidak menjadi halangan bagi warga untuk menyaksikan jenazah Bapak Teknologi itu nantinya dimasukkan ke liang lahat, berdampingan dengan sang istri, Hasri Ainun Habibie.

Baca: Saleh Husin: Kepergian BJ Habibie adalah Kehilangan Besar Bangsa Indonesia

BERITA TERKAIT

Pemakaman pun rencananya akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB.

Selamat Jalan Eyang Habibie.

Pengemudi ojol beri penghormatan terakhir

Ratusan pengemudi ojek daring atau ojek online ikut melepas kepergian Presiden Ketiga RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019)
Ratusan pengemudi ojek daring atau ojek online ikut melepas kepergian Presiden Ketiga RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) (Tribunnews.com/Theresia Felisiani)

Pantauan Tribunnews.com, Kamis (12/9/2019) pengemudi ojek online yang menyambangi Taman Makam Pahlawan Kalibata jumlahnya mencapai ratusan.

Awalnya mereka hanya menonton dari sebrang Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, akhirnya mereka memberanikan diri menyerang masuk ke areal TMP Kalibata.

Keberadaan mereka diterima, seluruhnya lolos penjagaan dari Paspampres yang melalui pintu metal detector dan harus melepas jaket.

Setelah melalui pintu pengamanan, mereka kembali kenakan jaket masing-masing lalu masuk ke areal TMP Kalibata tempat BJ Habibie bakal dimakamkan.

Seperti diketahui, jenazah BJ Habibie bakal dimakamkan di samping makan istrinya, Ainun Habibie.

Rencananya Presiden Jokowi bakal menjadi Irup di upacara pemakaman yang dijadwalkan pukul 13.30 WIB tersebut.

Baca: Bicarakan Perkembangan Pesawat, Esther Gayatri Ungkap Pesan BJ Habibie 3 Tahun Lalu

‎Sebelumnya ‎BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) sekira pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

BJ Habibie dirawat di RSPAD sejak 1 September 2019 lalu. ‎Untuk menangani kesehatan BJ Habibie, sebanyak 44 dokter Kepresidenan ‎telah disiapkan. Mereka adalah para dokter spesialis dari berbagai bidang, dari ahli jantung hingga otak.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas