Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Putra Jokowi dan Putri Kiai Maruf Jajaki Ikut Pertarungan Kepala Daerah

"Tadi saya paparan bagaimana cara mendaftar di PDI Perjuangan. Saya katakan, kalau mau daftar silakan," kata Rudy.

Editor: Rachmat Hidayat
KOMPAS.com / Garry Andrew Lotulung
Gibran Rakabuming
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Siti Nur Azizah, Putri Wakil Presiden Indonesia terpilih Kiai Maruf Amin
Tribun Medan
Bobby Nasution melakukan kunjungan ke Sekretariat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sumut, Jalan Mongonsidi, Medan, Selasa (10/9/2019)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokjowi), Gibaran Rakabuming, rupanya mulai tertarik terjun ke politik. Ia menemui Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, Rabu (18/9/2019), menanyakan mekanisme pendaftaran calon kepala daerah di partai berlambang moncong putih tersebut.

Namun Gibran Rakabuming mengaku tidak bicara politik dengan Hadi Rudyatmo yang juga Wali Kota Surakarta itu. "Beliau meluangkan waktu untuk saya, bicara perkembangan kota Solo," terang Gibran Rakabuming ketika ditemui di rumah dinas Wali Kota Solo, Lodji Gandrung.

gibran siti dan bobby1

Rudy, panggilan akrab FX Hadi Rudyatmo, mengatakan Gibran Rakabuming menanyakan soal mekanisme pencalonan Wali Kota Solo dari PDI Perjuangan, dalam pilkada serentak 2020 mendatang. "Tadi saya paparan bagaimana cara mendaftar di PDI Perjuangan. Saya katakan, kalau mau daftar silakan," kata Rudy.

Baca: Ditemui Gibran, Ketua PDIP Solo FX Rudy Akui Bicara Soal Pencalonan Wali Kota

Rudy menambahkan dirinya menjelaskan secara gamblang persyaratan apa saja untuk pendaftaran sebagai bakal calon Wali Kota Solo, sesuai peraturan di PDI Perjuangan. "Kalau mau daftar syaratnya ada KTA (kartu tanda anggota) dan mengikuti tes. Rekomendasi akhir diberikan DPP PDI Perjuangan," ujar Rudy.

Ketika ditanya kapan akan mengurus KTA PDI Perjuangan, Gibran tidak bersedia menjawab. "Nanti...Nanti," kata Gibran.

Baca: Putri Kiai Maruf Amin Ikut Penjaringan Bakal Calon Wali Kota Tangsel PDI Perjuangan

Selain menanyakan soal mekanisme pendaftaran bakal calon, Gibran juga menyinggung kemajuan Kota Solo dan perlunya sentuhan anak muda.Gibran menyebut Solo juga membutuhkan sentuhan anak muda yang kreatif dan memahami teknologi.
Rudy menemui Gibran sekira pukul 13.13 WIB. "Sini silakan apa yang mau disampaikan," kata Rudy. "Mau silaturahmi," jawab Gibran sambil tersenyum.

Dalam kesempatan itu Gibran memuji Rudy sebagai sosok peduli pada UMKM (usaha kecil mikro menengah) "Beliau memanusiakan UMKM, buktinya Markobar (usaha martabak milik Gibran) bersama PKL (pedagang kaki lima) lain setelah diberikan tempat semakin maju," kata Gibran.

BERITA TERKAIT

Menurutnya, Solo merupakan kota kecil yang dinamis dan selama dipimpin Rudy memiliki kemajuan pesat. "Solo butuh sentuhan anak muda," kata Gibran.

Sementara itu, putri Kiai Maruf Amin Siti Nur Azizah secara terbuka memastikan akan ikut pertarungan pilkada serentak. Nur Azizah, satu dari para calon yang kemungkinan akan ikut dalam bursa calon kepala daerah Wali Kota Tangerang Selatan tahun depan.

Beberapa waktu lalu Azizah mengambil formulir setelah DPC PDI-P Kota Tangsel mengumumkan secara resmi membuka pendaftaran bakal calon Wali Kota Tangsel yang pertama berdasarkan rapat pleno beberapa waktu lalu yang tertuang dalam SK/021/TAP/DPC-TS/IX/2019.

Ketua DPC PDI Perjaungan Tangerang Selatan, Wanto Sugito menjelaskan putri Kiai Maruf Amin adalah salah satu dari 19 bakal calon kepala daerah Wali Kota Tangerang Selatan yang sudah mengembalikan formulir.

Baca: Jokowi Bicara Beda Gibran Rakabuming, Kaesang Pangareb dan Bobby Nasution Soal Bakat Berpolitik

Wanto menjelaskan, pemilihan kepala daerah bukan sekedar ajang kontestasi demokrasi, lalu pemenang menjadi kepala daerah dan bergaya bak raja lokal. Pilkada ia menegaskan hanya sarana mencari pemimpin yang kelak terpilih. "Sepatutnya tak lupa akar sejarah, dan berpihak pada kaum marhaen," ungkap Wanto Sugito, biasa disapa Klutuk.

Mereka yang mengembalikan formulir sebagai bakal calon Wali Kota Tangerang adalah Kolonel Beben Nurfadilah,Tubagus (TB) Rahmat Sukendar, Situ Nur Aziah (Putri Wapres KH Maruf Amin), Drajat Sumarsono.

Kemudian H Heri Gagarin SE.MM, Ir. H. Kemal Pasya, Suryadi Hendraman, H Arsid, H Muhammad, Tomi Patria, Suhendar, Yusrianto, Fadh P, Benyamin Daviden (Wakil Wali kota), Gacho Sunarso, Muhamad Reza, Yardin Zulkarnaen, Ade Irawan, Aldrien Ramadian.

Di Medan, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sumatera Utara, Iskandar ST mengatakan, ada empat nama yang dipertimbangkan sebagai calon Wali Kota Medan.Dari internal partai, kata Iskandar yakni Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bahtiar Ahmad Sibarani, Afif Abdillah Ketua DPD Nasdem Medan.

Serta dari eksternal yakni menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Afif Nasution dan Dzulmi Eldin, Wali Kota Medan saat ini.Iskandar mengungkapkan sejauh ini pihaknya masih menunggu pernyataan resmi dari Bobby Nasution untuk maju dalam pilkada Medan.

"Saya saat ini hanya memberikan gambaran bahwa pembahasan mengerucut pada Bobby Nasution. Namun ini belum menjadi keputusan," ujarnya kepada tribunmedan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas