Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Profil Rachmat Gobel, Pimpinan DPR Baru Pengganti Fahri Hamzah Cs, Dikenal sebagai Pengusaha Besar

Secara mengejutkan, Partai Nasdem menunjuk Rachmat Gobel sebagai pimpinan DPR RI Periode 2019-2024.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Profil Rachmat Gobel, Pimpinan DPR Baru Pengganti Fahri Hamzah Cs, Dikenal sebagai Pengusaha Besar
Tribunnews.com/Srihandriatmo Malau
Menteri Perdagangan Rahmat Gobel di Istana Negara Jakarta, Rabu (20/5/2015), memberikan keterangan pers mengenai temuan beras sintetis atau beras berbahan baku plastik di wilayah Kota Bekasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Secara mengejutkan, Partai Nasdem menunjuk Rachmat Gobel sebagai pimpinan DPR RI Periode 2019-2024.

Pengusaha papan atas itu akan menjabat wakil ketua DPR RI bersama tiga rekannya yang lain yakni Aziz Syamsuddin (Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), dan Muhaimin Iskandar (PKB).

Adapun ketua DPR terpilih adalah Puan Maharani (PDI Perjuangan).

Kelima pimpinan DPR RI ini menggantikan pimpinan DPR sebelumnya Fahri Hamzah Cs.

Rachmat Gobel bukan nama asing di kalangan pengusaha.

Baca: Ini 5 Nama Calon Pimpinan DPR RI Periode 2019-2024

Baca: Puan Maharani Resmi Dilantik Jadi Ketua DPR RI, Perempuan Pertama yang Pegang Jabatan Ini

Lahir di Gorontalo pada 3 September 1962, Rachmat Gobel merupakan putra kelima dari pengusaha Thayeb Mohammad Gobel pendiri National Gobel Group yang sekarang bernama Panasonic Gobel Group.

Tahun 1981, dia lulus SMA di Jakarta dan melanjutkan kuliah di Chou University, Jepang.

BERITA REKOMENDASI

Dia melanjutkan bisnis ayahnya setelah meninggal dunia.

Sebelum terpilih jadi anggota DPR pada Pemilu 2019 ini, Rachmat Gobel sebelumnya dipercaya Presiden Jokowi sebagai menteri perdagangan.

Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR periode 2019-2024 yang ditetapkan dalam rapat paripurna perdana DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019). Pada rapat tersebut sekaligus menentukan ketua dan wakil ketua DPR RI diantaranya Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR RI, Azis syamsuddin dari Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dari NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI. Tribunnews/Jeprima
Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR periode 2019-2024 yang ditetapkan dalam rapat paripurna perdana DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019). Pada rapat tersebut sekaligus menentukan ketua dan wakil ketua DPR RI diantaranya Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR RI, Azis syamsuddin dari Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dari NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Namun di tengah jalan, dia diganti jadi menteri.

Dia terpilih jadi anggota DPR dari daerah pemilihan Gorontalo.

Rachmat Gobel diketahui merupakan generasi kedua dari keluarga Gobel. Tidak hanya sekadar memimpin perusahaannya yang diturunkan dari pendahulunya, Rachmat berhasil membawa perusahaan menuju kejayaan meski diterpa krisis ekonomi.

Keberhasilan tersebut melambungkan nama Rachmat Gobel.

Prestasinya pun terus berlanjut selama dua dekade belakangan ini.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas