Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pelantikan Anggota Dewan

Sufmi Dasco: Gerindra Ketua MPR Jadi Langkah Konkrit Rekonsiliasi Politik

Karena itu dia menilai, wajar jika Gerindra mendapatkan kursi Ketua MPR sebagai langkah konkrit dimulainya rekonsiliasi politik.

Sufmi Dasco: Gerindra Ketua MPR Jadi Langkah Konkrit Rekonsiliasi Politik
Chaerul Umam/Tribunnews.com
Sufmi Dasco Ahmad 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Partai Gerindra layak mendapatkan kursi Ketua MPR RI untuk menjaga keseimbangan politik di Indonesia.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad ketika dihubungi, Kamis (3/10/2019).

"Demi menghindari situasi The Winner takes it all maka yang layak mendapatkan kursi Ketua MPR adalah Gerindra. Saat ini Presiden terpilih dan Ketua DPR terpillih berasal dari kubu politik yang sama," ujar Wakil Ketua DPR RI ini.

Karena itu dia menilai, wajar jika Gerindra mendapatkan kursi Ketua MPR sebagai langkah konkrit dimulainya rekonsiliasi politik.

"Ini sebagai langkah konkrit dimulainya rekonsiliasi politik," jelas Sufmi Dasco Ahmad.

Lebih lanjut ia menjelaskan, walaupun Partai Golkar memiliki kursi terbanyak kedua di MPR. Tetapi harus digarisbawahi Gerindra adalah peraih suara terbanyak kedua pada Pemilu 2019 lalu.

"Dalam teori kepemiluan, rujukan paling tepat dalam menghitung eksistensi partai di mata rakyat adalah jumlah suara dan bukan jumlah kursi DPR," kata Sufmi Dasco Ahmad.

Baca: Setnov Sebut Puan Ambil Bagian dalam Proyek e-KTP, Begini Jawaban KPK

Oleh karena itu, dia kembali menegaskan, demi menjaga keseimbangan politik serta cerminan Permusyawaratan Perwakilan, sangat wajar Gerindra diberikan kursi Ketua MPR RI.

"Sangat wajar kita mengikuti konvensi yang pernah ada bahwa Partai rival pemenang diberikan kehormatan yang layak untuk menduduki kursi Ketua MPR RI," jelasnya.

10 Nama Pimpinan MPR

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas