Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Zulkifli Berniat Kembali ke Wamena Jika Kondisi Sudah Kondusif

Ketua Ikatan Keluarga Minang Wamena, Zulkifli, mengaku masih berniat untuk kembali ke Papua jika konflik sudah mereda.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Zulkifli Berniat Kembali ke Wamena Jika Kondisi Sudah Kondusif
Tribunnews.com/ Gita Irawan
51 orang pengungsi terdampak konflik Wamena, Papua tiba di Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur pada Kamis (3/10/2019) sekira pukul 16.45 WIB dengan menumpang pesawat Hercules C 130 milik TNI Angkatan Udara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Ikatan Keluarga Minang Wamena, Zulkifli, mengaku masih berniat untuk kembali ke Papua jika konflik sudah mereda.

Zulkifli mengaku dirinya sangat ketakutan ketika kerusuhan terjadi di Wamena beberapa waktu lalu.

Zulkifli yang sehari-harinya berdagang di Kabupaten Jayawijaya tersebut mengatakan sempat mengungsi selama satu pekan di Kodim 1702 Jayawijaya sebelum dievakuasi ke Sentani oleh TNI.

Setelah itu, ia dan 50 orang lainnya difasilitasi TNI AU terbang dari Sentani menuju Biak.

Dari Biak, mereka kemudian sempat transit di beberapa kota sebelum akhirnya tiba di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019) sekira pukul 16.45 WIB.

Baca: Kesulitan Jerome Kurnia Perankan Nakula di Film Senior

Baca: Kesulitan Jerome Kurnia Perankan Nakula di Film Senior

Meskipun begitu, Zulkifli masih memiliki niat untuk kembali ke Wamena.

BERITA REKOMENDASI

"Mungkin kami akan kembali ke Wamena untuk melaksanakan aktivitas seperti biasa," kata Zulkifli di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019)

Zulkifli menyampaikan terima kasih kepada Polri dan TNI yang telah menjaga keselamatan mereka termasuk memfasilitasi mereka dalam perjalanan menuju kampung halamannya di Sumatera Barat.

Zulkifli mengatakan, selama dalam perjalan ia dan para pengungsi lainnya telah difasilitasi makanan, minuman, dan waktu transit yang cukup sehingga masih keadaannya dalam kondisi sehat.

"Kami berterima kasih kepada TNI dan Polri dan TNI AU yang telah memfasilitasi kami sampai kami dipulangkan dengan selamat sehingga kami sangat berbangga dalam pemulangan ini dalam evakuasi dalam pelaksanaan pemulangan anggota IKM Jayawijaya dan sampai nanti ke Sumatera Barat," kata Zulkifli.

Baca: Pria di Korsel Akui telah Bunuh 14 Wanita dan Lakukan 30 Kali Pemerkosaan Lebih dari 30 Tahun Lalu

Zulkifli dan 50 pengungsi terdampak konflik Wamena tersebut kemudian diberangkatkan ke Sumatera Barat dengan pesawat komersil dari Bandara Halim Perdana Kusuma pukul 19.00 WIB.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 51 orang pengungsi terdampak konflik Wamena, Papua tiba di Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019) sekira pukul 16.45 WIB dengan menumpang pesawat Hercules C 130 milik TNI Angkatan Udara.

Dari Lanud Halim Perdana Kusuma, mereka kemudian difasilitasi Pemerintah dan DPR RI untuk melanjutkan perjalanan menuju Sumatera Barat dengan pesawat komersil.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas