Tribun

Ini Bukti Grab Jadi Harapan dan Sumber Penghasilan bagi Para Mitra di Bandung

Ternyata, tidak hanya menguntungkan kita para konsumen, aktivitas ekonomi digital yang disuguhkan Grab itu juga memberikan dampak dan kontribusi bagi

Editor: Content Writer
Ini Bukti Grab Jadi Harapan dan Sumber Penghasilan bagi Para Mitra di Bandung
Grab Indonesia
Grab for Good: Pengumuman Laporan Dampak Sosial 2018-2019 di Bandung. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Di zaman ekonomi digital dewasa ini, siapa pun bisa memesan makan, menyewa mobil, hingga belanja bulanan hanya dengan beberapa kalli klik di ponsel. 

Ternyata, tidak hanya menguntungkan kita para konsumen, aktivitas ekonomi digital itu juga memberikan dampak dan kontribusi bagi perekonomian negara dan daerah, lho!

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics melaksanakan riset menghitung dampak kehadiran ekonomi digital bagi masyarakat, baik sebagai produsen maupun konsumen, dengan Grab sebagai studi kasus.

Sejalan dengan program kontribusi sosial Grab for Good yang diperkenalkan Grab pada September lalu, Grab ingin memberdayakan lebih banyak masyarakat Asia Tenggara untuk menjangkau sejumlah akses krusial ke teknologi, peningkatan keterampilan dan layanan digital.

Ini manfaat ekonomi digital bagi mitra Grab

Riset pertama yang dilakukan pada periode November-Desember 2018 menghitung kontribusi kehadiran Grab bagi masyarakat yang berperan sebagai produsen atau penyedia jasa ekonomi digital. Dalam konteks ekosistem Grab, mereka adalah mitra pengemudi GrabCar, GrabBike, merchant (restoran, kafe, atau warung) GrabFood, dan agen GrabKios.

Survei di lima kota besar di Indonesia (Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan), membuktikan kehadiran Grab telah memberi kontribusi kepada perekonomian nasional Indonesia sebesar Rp 48,9 triliun. Salah satunya melalui penciptaan lapangan kerja baru bagi tenaga kerja,

Dari data terlihat bahwa 32% mitra GrabBike dan 24% mitra GrabCar sebelumnya tidak memiliki pendapatan tetap. 

Grab telah menawarkan peluang pendapatan kepada sekitar 300 ribu pengemudi dan 40 ribu agen Kudo yang sebelumnya menganggur, dengan input ekonomi mencapai Rp 16,4 triliun pada 2018.

Temuan di Bandung mencapai angka fantastis. Grab berkontribusi sebesar Rp 10,1 triliun pada tahun 2018. Kontribusi terbesar dihasilkan GrabBike dengan Rp 4,59 triliun, selanjutnya disusul GrabFood dengan kontribusi sebesar Rp 3,76 triliun.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas