Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Sarankan Jokowi Copot Menteri yang Saling Serang di Luar Sidang Kabinet

Menurutnya, perbedaan pendapat tentang kebijakan sudah tidak ada lagi, setelah mereka diskusikan bersama dalam rapat kabinet

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Pengamat Sarankan Jokowi Copot Menteri yang Saling Serang di Luar Sidang Kabinet
Tribunnews.com/Reza Deni
Pengamat Politik, Emrus Sihombing dalam acara diskusi bertajuk 'Mengintip Visi Misi Capres-Cawapres' di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Komunikasi Politik Emrus Sihombing menyambut baik pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju tidak saling debat di luar rapat.

Menurutnya, perbedaan pendapat tentang kebijakan sudah tidak ada lagi, setelah mereka diskusikan bersama dalam rapat kabinet.

Baca: Momen Kocak Nadiem Makarim Jadi Mendikbud, Tak Kenali Ajudan hingga Sapaan Khusus

"Perbedaan pendapat itu harusnya mereka lakukan di sidang kabinet, atau dilanjutkan dalam rapat di bawah kordinasi Kementerian Kordinator," ujar Emrus Sihombing kepada Tribunnews.com, Kamis (24/10/2019).

Perbedaan pendapat antarmenteri itu juga menurut dia, sangat tidak baik di mata publik.

Apalagi yang terjadi adalah antar-menteri mengajukan data yang berbeda.

Bagi Emrus, hal itu hanya akan membuat citra pemerintah makin buruk di mata publik, karena buruknya komunikasi dan kordinasi antar-menteri.

BERITA TERKAIT

"Jadi tidak boleh mereka mewacanakan perdebatan dan perbedaan itu di ruang publik. Karena mereka adalah pembantu presiden, yang tugasnya mengimplementasikan visi misi presiden," tegas Emrus.

Kalau ternyata terjadi demikian, dia menyarankan Presiden Jokowi tidak segan-segan untuk mencopot mereka yang berdebat di ruang publik.

Baca: Siti Fadilah Supari Bicara Sosok Menkes Terawan

"Kalau tidak mereka sadar untuk mengundurkan diri, sebelum presiden mereshuflle," jelasnya.

Sanksi demikian menurut dia penting diterapkan untuk mendisplinkan para anggota Kabinet bekerja menjalankan visi dan misi presiden Jokowi.

Pesan Jokowi: Para Menteri Tidak Saling Serang di Luar Rapat

Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Sidang kabinet paripurna itu merupakan sidang perdana yang diikuti menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Sidang kabinet paripurna itu merupakan sidang perdana yang diikuti menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Baca: Sopir Ditemukan Tewas dalam Truk yang Terparkir

Didampingi Wakil Presiden Maruf Amin, Presiden Jokowi membuka sidang kabinet paripurna perdana, Kamis (24/10/2019) di Istana Merdeka.

Dalam sidang, Jokowi mengingatkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju tidak saling debat di luar rapat.

"Kalau sudah diputuskan dalam rapat, jangan sampai di luar masih diributkan lagi," tegas Jokowi.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas