Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penerimaan CPNS 2019 Dipastikan Molor, Ini Penyebabnya

Namun, untuk pengumuman pendaftaran CPNS masih belum ada kabar terbarunya.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Penerimaan CPNS 2019 Dipastikan Molor, Ini Penyebabnya
TRIBUN JABAR /GANI KURNIAWAN
Ruang tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 masih belum terisi penuh peserta di Sport Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Jumat (26/10/2018). Pelaksanaan seleksi CPNS hari pertama di tempat ini yang sedianya dimulai pukul 09.30 WIB molor beberapa jam, akibat jaringan komputer bermasalah. Seleksi CPNS 2018 di Jawa Barat diikuti sebanyak 65 ribu peserta yang penyelenggaraan tersebar di lima kabupaten/kota di Jawa Barat. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara ( BKN) menginformasikan bahwa pengumuman penetapan formasi dan pengumuman pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dikabarkan pada Oktober 2019.

Untuk penetapan formasi telah diumumkan sejak Kamis (24/10/2019).

Disebutkan ada 5 formulasi yang dibuka, yakni guru, dosen, pegawai kesehatan, pegawai fungsional, dan pegawai teknis lainnya.

Baca: Menko PMK Muhadjir Effendy Usahakan Beri Jatah Guru Honorer di Penerimaan CPNS dan PPPK

Perinciannya yakni :

  • Guru: 63.324
  • formasi Dosen: 2.194
  • formasi Pegawai kesehatan: 31.756
  • formasi Pegawai fungsional: 28.767
  • formasi Pegawai teknis lainnya: 2.194 formasi.

Belum ada kabar

Namun, untuk pengumuman pendaftaran CPNS masih belum ada kabar terbarunya.

Padahal menurut jadwal pelaksanaan seleksi CPNS 2019, pengumuman pendaftaran harusnya diumumkan pada tanggal 25 Oktober 2019.

BERITA TERKAIT

"Selasa-Jumat ini kami lakukan bimbingan teknis kepada admin instansi untuk setting dll di situs SSCASN. Semoga setting tersebut selesai sebelum pengumuman resmi penerimaan CPNS 2019 keluar," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan kepada Kompas.com, Sabtu (26/10/2019).

Sementara itu, pihak BKN telah menanyakan mengenai tanggal keberlangsungan pengumuman pendaftaran online. Tetapi, belum ada jawaban dari pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( KemenPAN-RB).

Masih Menunggu

"Dari sisi BKN, Insya Allah siap. Tinggal instansi yang harus menyelesaikan semua settingan admin SSCASN dan menyiapkan format pengumuman jika sewaktu-waktu pengumuman resmi disampaikan oleh Menpan-RB," ujar Ridwan.

Selain itu, Ridwan mengungkapkan bahwa mengenai informasi terkait pendaftaran CPNS ini, panitia seleksi nasional (panselnas) harus berkoordinasi dengan Menteri PAN-RB yang baru.

Baca: Kenapa Muhadjir Effendy Tak Sambangi Istana saat Jokowi Cari Calon Menteri?

Apalagi Menteri PAN-RB yang baru juga harus diberi waktu untuk mempelajari dan mengambil keputusan dalam waktu singkat.

Menurut jadwal pelaksanaan CPNS 2019, setelah pembukaan pendaftaran secara online, maka pemerintah akan mengumumkan hasil seleksi administrasi pelamar pada Desember 2019.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas