Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BERITA FOTO: Indahnya Jembatan Yousefa Papua yang Baru Diresmikan Jokowi

Jembatan Yousefa yang baru diresmikan Senin (28/10/2019) kemarin menghabiskan biaya Rp 1,8 triliun dan dibangun selama empat tahun.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in BERITA FOTO: Indahnya Jembatan Yousefa Papua yang Baru Diresmikan Jokowi
twitter @jokowi
Ikon baru Papua, Jembatan Youtefa yang diresmikan Jokowi kemarin. Jembatan ini membentang di atas Teluk Youtefa, Jayapura. 

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - ‎Jembatan Yousefa yang baru diresmikan Senin (28/10/2019) kemarin menghabiskan biaya Rp 1,8 triliun dan dibangun selama empat tahun.

Jembatan ini menjadi ikon Papua.

Membentang di atas Teluk Youtefa, Jayapura, jembatan ini dibangun sejak 2015 dengan biaya Rp 1,8 Triliiun.

Jembatan Youtefa memangkas waktu perjalanan ke arah perbatasan, dan jadi destinasi wisata baru di Papua.

Keindahan alam di sekitar jembatan ini menambah semakin indahnya tanah Papua.

Nonton videonya :

BERITA TERKAIT

Presiden Jokowi berharap jembatan ini bisa membuat pergerakan manusia dan barang semakin lancar dan cepat sehingga rakyat mendapatkan harga yang murah ‎ dan puncaknya tercapai persatuan masyarakat.

"‎Jembatan ini dibangun selama empat tahun, habiskan anggaran biaya Rp 1,8 triliun. Kalau dirupiahkan hitung sendiri, bisa Rp 1800 miliar lebih," ucap Jokowi di Jembatan Youtefa.

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers kepada wartawan usai meresmikan Jembatan Youtefa dan meninjau site plan dan maket-maket Pencanangan Pembangunan Papua, di Kota Jayapura, Senin (28/10/2019)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers kepada wartawan usai meresmikan Jembatan Youtefa dan meninjau site plan dan maket-maket Pencanangan Pembangunan Papua, di Kota Jayapura, Senin (28/10/2019) (Instagram/ sekretariat.kabinet)

‎Jokowi berharap Jembatan Youtefa bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan kepadatan penduduk di Jayapura sehingga kawasan kota di Jayapura dapat dikembangkan ke arah perbatasan Skouw.

Selain itu, hadirnya Jembatan Youtefa juga bisa mempersingkat waktu tempuh sekitar 70 menit dari Kota Jayapura menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skow.

"Saya juga dapat laporan jembatan ini telah menjadi landmark ikon baru Papua yang akan menjadi sarana pendukung dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) di tahun 2020 yang akan diselenggarakan seperti cabang olahraga dayung ‎dan ski air. Ini mewujudkan bahwa sebuah jembatan memiliki banyak fungsi bagi masyarakat," tuturnya.

Potret Jembatan Youtefa di Kota Jayapura
Potret Jembatan Youtefa di Kota Jayapura (Instagram.com/ @sekretariat.kabinet)

Jokowi berharap masyarakat Jayapura bersama Pemerintah Daerah bersungguh-sungguh menjaga Jembatan Youtefa dijaga kebersihannya, dijaga keamanannya, dipercantik dengan lampu serta taman yang menasik karena jembatan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Jayapura.

"Terakhir saya minta, Pemprov Papua, Pemkot Jayapura memanfaatkan dengan baik keberadaan jembatan ini untuk mengembangkan potensi wisata bahari yang ada di teluk Youtefa sehingga banyak yang berkunjung ke Papua," ungkapnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas