Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Info BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Memasuki Pancaroba, Waspada Cuaca Ekstrem

Kepala BMKG Dwikorito menjelaskan, dalam peralihan musim seperti ini, sering menimbulkan cuaca ekstrem seperti angin kencang dan puting beliung.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Ayu Miftakhul Husna
zoom-in Info BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Memasuki Pancaroba, Waspada Cuaca Ekstrem
SURYA/SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
ILUSTRASI CUACA EKSTREM - BMKG : Sebagian Wilayah Indonesia Memasuki Pancaroba, Waspada Cuaca Ekstrem dan Angin Puting Beliung 

BMKG : Sebagian Wilayah Indonesia Memasuki Pancaroba, Waspada Cuaca Ekstrem dan Angin Puting Beliung

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. mengatakan sebagaian wilayah Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem karena memasuki pancaroba atau peralihan musim.

Dilansir dari laman resmi BMKG, sebanyak 15% daerah saat ini mulai mengalami peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

"Wilayah tersebut diantaranya yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumbar, Palembang, Riau, Kaltim, sebagian Sulawesi dan Sebagian Papua bagian Barat sudah memasuki musim hujan", ungkap Dwikorita saat konferensi pers di Kantor BMKG.

"Musim hujan 2019/2020 sebentar lagi akan dimulai sesuai prakiraan yang telah dibuat BMKG. Saat ini sebagian daerah telah memulai masa peralihan dari musim kemarau ke hujan bahkan beberapa daerah (sebanyak 15%)," ungkap Dwikorita.

Dwikorito menjelaskan, dalam peralihan musim seperti ini, sering menimbulkan cuaca ektrim, seperti angin kencang dan puting beliung.

"Di masa peralihan atau pancaroba, kondisi cuaca biasanya ditandai dengan perubahan arah angin dan peningkatan kecepatan. Kondisi seperti ini sering menimbulkan cuaca ekstrim seperti angin kencang dan puting beliung," terang Kepala BMKG.

BERITA REKOMENDASI

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada karena hujan dapat turun sesaat.

"Hal ini yang perlu diwaspadai. Hujan dapat turun sesaat namun pada sektor pertanian tetap memperhatikan prakiraan yang dikeluarkan BMKG saat akan memulai musim tanam," tambah Dwikorita

Ilustrasi
Ilustrasi (pexels.com/ Brett Sayles)

Apa yang harus diwaspadai pada saat pancaroba ini?

Dilansir laman resmi BMKG, pada periode peralihan musim saat ini yang perlu diwaspadai antara lain adanya potensi hujan lebat dalam waktu singkat dan angin kencang atau puting beliung.

Puting beliung merupakan fenomena angin kencang yang bentuknya berputar menyerupai belalai yang keluar dari awan Cumulonimbus.

Angin puting beliung dapar terjadi didaratan maumpun perairan, namun jika terjadi perairan biasa dinamakan water spout.

Namun demikian, tidak semua awan Comunlonimbus dapat menimbulkan fenomena puting beliung.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas