Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Minta Perbankan Nasional Turunkan Bunga Kredit

Tercatat, suku bunga acuan Bank Indonesia sudah turun sebanyak empat kali, dari 5,75 persen pada Juli 2019 dan Oktober 2019 menjadi 5 persen.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Jokowi Minta Perbankan Nasional Turunkan Bunga Kredit
Tribunnews/JEPRIMA
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perbankan nasional untuk menurunkan suku bunga kredit, seiring telah dipangkasnya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) beberapa kali.

"Saya mengajak untuk memikirkan secara serius untuk menurunkan suku bunga kredit. Negara lain sudah turun, turun, kita BI-rate sudah turun, banknya belum, ini saya tunggu," ujar Jokowi yang disambut tepuk tangan saat acara Peresmian Pembukaan Indonesia Banking Expo 2019, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Baca: Jokowi Jangan Jadikan Posisi Dewan Pengawas KPK Barter untuk Koalisi Pendukungnya

Baca: Istana: Pensiunan Penegak Hukum Mungkin Jabat Dewan Pengawas KPK

Baca: Jokowi Mulai Seleksi Lima Nama Anggota Dewan Pengawas KPK

"Tepuk tangan berarti setuju. Oke, dicatat lagi," sambung Jokowi.

Tercatat, suku bunga acuan Bank Indonesia sudah turun sebanyak empat kali, dari 5,75 persen pada Juli 2019 dan Oktober 2019 menjadi 5 persen.




Selain itu, Jokowi juga meminta perbankan di tanah air untuk mempersiapkan diri dan berkolaborasi dengan non bank dalam menghadapi persaingan global.

"Jangan kerja sendiri-sendiri. Saya ingat 5 tahun lalu saya perintah ke Menteri BUMN ngapain sih ini bank bikin ATM sendiri-sendiri, buat satu saja cukup, tapi bisa dipakai empat bank, semua bank," papar Jokowi.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas