Tribun

Hari Pahlawan

Ketika Jokowi Tabur Bunga dan Berdoa di Makam BJ Habibie Hingga Ani Yudhoyono

Makam yang ditaburi bunga dan didoakan Jokowi di antaranya, BJ Habibie, Ainun Habibie, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadikusuma, Soedarmono

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Ketika Jokowi Tabur Bunga dan Berdoa di Makam BJ Habibie Hingga Ani Yudhoyono
Rusman-Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin berdoa disalah satu makam pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak hanya melakukan tabur bunga kebeberapa makam pahlawan yang dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11/2019).

Tampak, Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam dipadu peci hitam dan dasi merah, turut membaca doa pada setiap makam yang telah ditaburi bunga olehnya.

Doa dilakukan Jokowi dengan posisi berdiri dan kedua tangannya diangkat setengah badan, seperti layaknya orang berdoa.

Baca: Sejarah Presiden Joko Widodo Dipanggil Jokowi, Ternyata Diawali oleh Sahabat dari Prancis

Usai berdoa disetiap makam, Jokowi pun tampak mengusap mukanya dengan kedua tangannya, berharap doa yang dipanjatkannya dikabulkan.

Saat menaburi bunga, Jokowi yang ditemani Wakil Presiden Maruf Amin, turut merendahkan badannya.

Diketahui, makam yang ditaburi bunga dan didoakan Jokowi di antaranya, BJ Habibie, Ainun Habibie, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadikusuma, Soedarmono, hingga sejumlah pahlawan lainnya.\

Baca: Tak Hadiri Upacara Hari Pahlawan Bersama Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Pilih Lakukan Ini

Terlihat, makam tersebut telah diberi tanda dengan ditancapkannya bendera Merah Putih berukuran kecil dekat batu nisan.

Sebelum melakukan tabur bunga dan doa, Jokowi memimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 di TMPN, Kalibata, Jakarta Selatan.

Untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dalam suasana hening, dibunyikan sirene selama 60 detik yang diakhiri dengan mengheningkan cipta dipimpin Jokowi yang bertindak selaku inspektur upacara.

Baca: Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional Baru pada 6 Tokoh Ini, Simak Profil Singkatnya

Sebelumnya, Kolonel Inf Fredy Sianturi yang bertindak selaku komandan upacara terlebih dahulu memimpin penghormatan bagi arwah para pahlawan.

Setelah itu, Presiden meletakkan karangan bunga dan diikuti dengan pembacaan doa bagi arwah para pahlawan yang dipimpin Menteri Agama Fachrul Razi.

Ajak berantas kemiskinan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua pihak untuk meneruskan perjuangan pahlawan yang telah membuat kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas