Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menristek Persilakan Ilmuwan Indonesia Gunakan Fasilitas Laboratorium LIPI

Fasilitas laboratorium LIPI terdapat di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang Selatan.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Menristek Persilakan Ilmuwan Indonesia Gunakan Fasilitas Laboratorium LIPI
Fahdi Fahlevi/Tribunnews.com
Menteri Riset Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro, di Gedung BPPT, Jln MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro, mempersilakan para ilmuwan atau peneliti di Indonesia menggunakan fasilitas laboratorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Fasilitas laboratorium LIPI terdapat di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang Selatan.

"Kami tekankan agar ilmuwan di Indonesia dari mana pun tidak hanya LIPI, bisa memanfaatkan fasilitas ini," ujar Bambang di Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (22/11/2019).

Baca: Ahok Masuk BUMN, Penolakan Rizal Ramli & Pendapat Analis LIPI :Harus Akurat Memilih Pejabat Publik




Menurut Bambang, laboratorium tersebut adalah milik pemerintah sehingga setiap ilmuwan dapat menggunakan fasilitas yang dikelola LIPI itu.

Bambang mengatakan yang terpenting laboratorium tersebut digunakan untuk penelitian.

"Karena ini tentunya, meski dikelola LIPI namun ini merupakan milik pemerintah dan demikian siapa pun berhak memakai. Terutama untuk tujuan penelitian," tutur Bambang.

Baca: Sudah Lakukan Kajian Lama, LIPI Jelaskan Perbatasan Indonesia-Malaysia

Sehingga, menurut Bambang tidak alasan bagi ilmuwan atau peneliti Indonesia untuk mengaku kesulitan mendapatkan fasilitan penelitian.

BERITA TERKAIT

"Jadi tidak ada alasan mereka tidak dapat mengembangkan ilmu yang canggih, dengan alasan tidak ada alat atau laboratorium," pungkas Bambang.

Seperti diketahui, Bambang melakukan kunjungan ke Technology Business Incubation Center (TBIC), Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (22/11/2019).

Baca: Saran dari LIPI tentang Cara Pembuatan Septic Tank yang Aman Agar Tak Meledak Seperti di Cakung

Dalam kunjungan tersebut, Bambang melihat sejumlah inovasi yang dihasilkan oleh inovator yang dibina oleh Puspiptek. Selain TBIC, Bambang mengunjungi Pusat Penelitian Kimia dan Fisika LIPI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas