Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cerita Khofifah Ungkap Kedekatannya dengan Siti Nurbaya

Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan kedekatannya dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar.

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Cerita Khofifah Ungkap Kedekatannya dengan Siti Nurbaya
Tribunnews.com/ Larasati Dyah Utami
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, di peringatan GNPDAS, Desa Oro-oro Ombo, Batu, Kamis (5/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, BATU - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan kedekatannya dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, Kamis (5/12/2019).

Dalam sambutannya pada peringatan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) 2019, Khofifah mengungkapkan dirinya pernah meminta Siti Nurbaya untuk menjadi Sekertarisnya saat ia menjabat sebagai Menteri di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) pada tahun 1999.

"Zaman menterinya pak Suryadi, tahun 1999 saya sudah dapat penugasan dari Gus Dur menjadi menteri pemberdayaan perempuan. Secara khusus saya minta pak Mendagri supaya diizinkan meminta beliau (Siti) menjadi sekertaris Menteri PPPA," ujarnya di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Baca: Takut Ditinggalkan Suami, Wanita Ini Culik Bayi Usia 25 Hari: Ngaku Anak yang Baru Dilahirkannya

Akan tetapi, Khofifah mengungkapkan, Suryadi, selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri) saat itu tidak mengizinkan Siti Nurbaya masuk dalam instansinya dan berniat untuk mempromosikan Siti Nurbaya yang saat itu menjadi Kepala Biro (Karo) di Kemendagri.

"Jawaban beliau, tidak diizinkan. Katanya pak Suryadi begini, Bu daripada diambil Kementerian PPPA, lebih baik saya promosikan jadi Sekjen Kemendagri," ujar Khofifah menirukan ucapan Mendagri saat itu.

Khofifah memuji keahlian Menteri LHK tersebut saat menjabat sebagai Karo di Kemendagri.

BERITA REKOMENDASI

Gubernur Jawa Timur itu menceritakan bagaimana keahlian Siti Nurbaya bisa menggunakan tiga panca indera sekaligus dalam merangkum diskusi.

Baca: BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Rabu (4/12/2019), Hujan Lebat Disertai Angin di Jawa Timur

"Jadi luar biasa, saya jatuh cinta kepada beliau ketika suatu saat beliau menjadi Karo Perencanaan. Apa yang beliau dengar dalam diskusi, dengan apa yang beliau lihat dalam slide, itu tangannya bekerja di laptop. Saya rasa sangat jarang, tiga panca indera bekerja maksimal dengan konsentrasi yang luar biasa dan itu ada pada ibu Menteri LHK," ujarnya

Keahlian Menteri Siti Nurbaya yang membuat Gubernur Jawa Timur itu yakin mengapa Presiden Joko Widodo kemudian menjadikannya Menteri LHK di periode keduanya.

"Makanya kemudian pak Jokowi meminta beliau bertugas di Kementerian ini lagi. Saya sudah tau rumusnya," ungkap Khofifah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas