Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kabinet Jokowi

Jokowi Tagih Para Menteri Kesiapan Platform Digital Kartu Prakerja

Kartu prakerja merupakan bantuan pemerintah untuk biaya pelatihan para pencari kerja yang berusia 18 ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan for

Jokowi Tagih Para Menteri Kesiapan Platform Digital Kartu Prakerja
(Via Tribunnews)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera merealisasikan janji kampanye lewat program Kartu Pra-Kerja.(Via Tribunnews) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta laporan detail implementasi kartu prakerja pada para menteri kabinet Indonesia Maju.

Dalam Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Selasa (10/12/2019) Jokowi ingin kartu prakerja segera diluncurkan dan harus tepat sasaran.

"Saya ingin dapat laporan mulai dari badan pelaksana, platform digital, hingga skema pencariannya. Terutama soal project management office, siapa yang akan melakukan ini, kesiapan platform digital dan alur bisnis proses seperti apa, ketiga skema pencairan dana," papar Jokowi.

Baca: Menaker: Kartu Pra Kerja Diluncurkan Maret 2020

Jokowi menegaskan kartu prakerja dikeluarkan bukan untuk menggaji pengangguran.

Kartu prakerja merupakan bantuan pemerintah untuk biaya pelatihan para pencari kerja yang berusia 18 ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

"Kartu prakerja juga untuk pekerja aktif maupun korban PHK yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Jadi, tujuan kartu prakerja ada dua, mempersiapkan angkatan kerja dan terserap atau menjadi entrepreneur," ujarnya.

Baca: Info Seputar Kartu Pra Kerja, Berisi Saldo Rp 7,6 Juta hingga Cara Mendapatkannya

"Dan kedua meningkatkan keterampilan para pekerja dan korban PHK untuk reskilling dan upskilling agar semakin produktif dan meningkatkan daya saing," tambah Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengaku masih mempersiapkan program kartu prakerja yang menjadi janji Jokowi dalam kampanyenya di Pilpres 2019.

Ida menyebut kemungkinan besar kartu prakerja ini diluncurkan pertama kali pada Maret 2020.

"Ya mungkin butuh waktu, apa Maret mungkin, artinya 2020 pasti. Jangan sampai kemudian di-launching tapi persiapannya belum matang," singkat Ida usai bertemu Jokowi, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas