Tribun

CPNS

Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Ditutup, Tahun 2020 Pendaftaran CPNS akan Dibuka Kembali

Kementerian PANRB menyatakan rekrutmen CPNS akan dibuka kembali pada tahun 2020.

Penulis: Muhammad Nur Wahid Rizqy
Editor: Fathul Amanah
zoom-in Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Ditutup, Tahun 2020 Pendaftaran CPNS akan Dibuka Kembali
dok.Kemenpar
dok.Kemenpar Ilustrasi PNS 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah resmi menutup pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2019 pada 10 Desember 2019.

Diketahui seleksi CPNS 2019, pemerintah pusat membuka lowongan sebanyak 37.425 formasi, sementara untuk pemerintah daerah tersedia lowongan 114.861 formasi.

Berdasarkan rilis resmi Badan Kepegawaian Nasional di laman Twitter-nya, @BKNgoid per Senin (9/12/2019), total 5 juta pelamar telah membuat akun.

Sedangkan lebih dari 4 juta orang telah menyelesaikan pendaftarannya hingga tahap submit.

Meskipun pendaftaran CPNS 2019 ini telah ditutup, dilansir Kompas.com, pemerintah melalui Kementerian PANRB menyatakan tahun 2020 akan kembali membuka rekrutmen CPNS.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik, Kemenpan RB, Andi Rahardian.

"Kemungkinan besar akan dibuka lagi penerimaan CPNS tahun 2020, karena kan ada juga beberapa kementerian dan pemda yang menunda penerimaan CPNS untuk tahun ini," katanya.

Rencana pembukaan rekrutmen CPNS tahun 2020 diadakan untuk mengisi kebutuhan ASN dan mengganti ASN yang sudah purna tugas.

Rekrutmen CPNS juga akan melihat kebutuhan dari setiap Kementerian, Lembaga Pusat maupun Daerah.

Andi Rahardian dalam keterangannya juga menyebutkan, kemungkinan tidak semua instansi pada tahun 2020 akan membuka rekutmen CPNS.

Contohnya seperti tidak dibukanya rekrutmen CPNS di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tidak dibukanya rekrutmen CPNS di Kemenpar dan Ekonomi Kreatif karena di tahun 2019 ini sedang ada rekonstrukturasi di kementerian tersebut.

Andi juga mengimbau kepada setiap instansi baik kementerian, lembaga pusat maupun daerah serta pemerintah daerah untuk selalu menyampaikan informasi terkait kebutuhan dan pelaksanaan CPNS 2020.

"Di daerah-daerah kan ada beberapa yang menyatakan tidak membuka seleksi penerimaan CPNS untuk tahun ini. Nah untuk yang tidak membuka penerimaan CPNS pada tahun ini, kita minta untuk disampaikan kebutuhan formasinya untuk CPNS tahun 2020 sebagai bahan pertimbangan kita untuk menetapkan formasinya," tambahnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas