Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kepala BNPB: Waspadai Potensi Bencana di Tahun 2020

Kepala BNPB Doni Monardo mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi bencana di tahun 2020.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kepala BNPB: Waspadai Potensi Bencana di Tahun 2020
Larasati Dyah Utami/Tribunnews.com
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati (baju putih) di Graha BNPB, Senin (30/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi bencana di tahun 2020.

Dalam konferensi pers akhir tahun 2019 yang diadakan BNPB, Senin (30/12/2019) Doni mengatakan agar masyarakat semakin memahami bahwa Indonesia ada di wilayah yang rentan terhadap bencana.

"Setiap saat kita mencoba untuk menemukan, bagaimana cara terbaik supaya masyarakat semakin paham bahwa Indonesia berada diposisi yang sangat rentan terhadap bencana," ujarnya di Graha BNPB.

Melihat dari proyeksi perkiraan bencana pada tahun 2020 dari berbagai sumber Kementerian/Lembaga serta para pakar, tren yang harus diwaspadai adalah jenis bencana geologi seperti gempa bumi yang disusul tsunami dan jenis bencana vulkanologi seperti erupsi gunungapi.

lnformasi-informasi terkait potensi bencana tersebut menurut Kepala BNPB itu tidak lepas dari peran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang memberikan informasi yang aktual kepada masyarakat.

Beberapa contoh tanggap bencana yang terjadi di masyarakat diterangkan Doni dapat mengurangi risiko, bahkan jumlah korban jiwa.

BERITA TERKAIT

"Ini harus jadi budaya bagi kita untuk bisa mencermati informasi dari BMKG, karena adanya informasi bisa mengurangi resiko. Contoh beberapa kejadian masyarakat yang ada disejumlah daerah itu bisa selamat," ujarnya.

Selain karena informasi dari BMKG, hal tersebut disebutkan juga olehnya juga karena kerjasama sejumlah pihak yang ikut membantu mensosialisasikan hal-hal tanggap bencana, sehingga masyarakat bisa selamat ketika bencana terjadi.

"Karena kerjasama antara BMKG dengan para pimpinan di daerah, dibantu oleh unsur-unsur yang ada dari TNI Polri Badan Sar Nasional termasuk relawan yang mengingatkan masyarakat kita. Sehingga ketika terjadi bencana, masyarakat bisa selamat," ujar Doni

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas