Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini 3,3 Juta CPNS Ikuti Seleksi Kompetensi Dasar

Sebanyak 3,3 juta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 mengikuti seleksi kompetensi dasar serentak hari ini, Senin (27/1/2020).

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Hari Ini 3,3 Juta CPNS Ikuti Seleksi Kompetensi Dasar
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Peserta saat bersiap mengikuti ujian menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Jatim di Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya di Sidoarjo, Jumat (26/10). CPNS Pemprov Jatim diikuti 62.321 peserta yang akan merebutkan lowongan formasi sebanyak 1.065 orang. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)/Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun anggaran 2019 mengikuti seleksi kompetensi dasar serentak hari ini, Senin (27/1/2020).

Secara keseluruhan, seleksi akan berlangsung selama sepekan.

SKD CPNS ini akan berlangsung menggunakan komputer atau computer assisted test (CAT) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kepala BKN dijadwalkan akan membuka secara resmi pelaksanaan SKD di Kantor BKN Pusat pukul 08.00 WIB.

Hari pertama pelaksanaan SKD tersebut, titik lokasi BKN Pusat memfasilitasi SKD bagi peserta yang melamar formasi BKN dan BIN.

"Berkaitan dengan kesiapan sarana dan prasarana, titik lokasi BKN Pusat memiliki 450 personal computer (PC) yang ditempatkan pada tiga ruangan yang berbeda untuk memfasilitasi 2.250 peserta," kata Plt Kepala Biro Humas Paryono dikutip dari halaman resmi BKN, Minggu (26/1/2020).

Semua peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Badan Kepegawaian Negara (BKN) tidak diperbolehkan membawa barang apapun ke ruang Computer Assisted Test.
Semua peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Badan Kepegawaian Negara (BKN) tidak diperbolehkan membawa barang apapun ke ruang Computer Assisted Test. (TRIBUNNEWS/IGMAN IBRAHIM)

Menurut Paryono, pelaksanaan SKD setiap harinya terbagi maksimal 5 sesi.

BERITA TERKAIT

"Setiap sesi berlangsung 90 menit," ujarnya.

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 akan dilaksanakan di sejumlah titik lokasi, Kantor BKN Pusat, 13 Kantor Regional, dan 20 Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Pelamar yang dinyatakan lulus administrasi atau memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 peserta, dari jumlah pendaftar sebanyak 4.433.029 orang.

Ia juga menginformasikan, pada Jumat (24/1/2020) sore, telah berlangsung pengarahan sekaligus penandatanganan Pakta Integritas Petugas CAT BKN dari Kepala BKN kepada ratusan petugas CAT BKN yang akan mengawal pelaksanaan SKD di berbagai titik lokasi di Indonesia.

Baca: Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 Dimulai Senin Besok

Baca: Tips dan Trik Lolos Seleksi CPNS, Simak Nilai Ambang Batas Agar Lolos Seleksi CPNS 2019

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 24 Tahun 2019, tiga tes akan diujikan dalam pelaksanaan SKD CPNS tahun ini.

Ketiganya yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensia Umum (TIU).

Sebanyak 100 soal akan diujikan, terdiri dari 35 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas