Tribun

'Terowongan Silaturahmi' Istiqlal-Katedral akan Perkuat Silaturahmi Antar-Umat Beragama

Apalagi kata Ace, dua rumah ibadah itu merupakan ikon rumah ibadah yang secara simbolik mencerminkan toleransi beragama di Indonesia.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
'Terowongan Silaturahmi' Istiqlal-Katedral akan Perkuat Silaturahmi Antar-Umat Beragama
Kompas Images
Lanskap Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, dan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Senin (28/7/2014).(KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO-RODERICK ADRIAN MOZES) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mendukung rencana membangun 'Terowongan Silaturahmi' yang menghubungan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral.

"Rencana pembangunan terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral merupakan kebijakan yang patut didukung," ujar Ketua DPP Golkar ini saat ditemui Tribunnews.com di Ruang Kerjanya, di Parlemen, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Apalagi kata Ace, dua rumah ibadah itu merupakan ikon rumah ibadah yang secara simbolik mencerminkan toleransi beragama di Indonesia.

Baca: Profil Andre Rosiade di Wikipedia Mengalami Perubahan, Kini Ada Kolom Penjebakan PSK

Sebagaimana diketahui, Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Sementara, Gereja Katedral juga merupakan Gereja yang berada di titik Ibukota Jakarta.

"Keduanya berdampingan letaknya dan dikenal selama ini sebagai simbol rumah ibadah yang mencerminkan kerukunan umat beragama di Indonesia," jelas Ace.

Dengan adanya terowongan ini, dia yakin, akan semakin memperkuat silaturahmi antar-umat beragama dalam kerangka memperkuat ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sebangsa).

Baca: Ironis, Dokter Pertama Peringatkan Bahaya Virus Corona Meninggal di China, Sempat Ditegur Polisi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui rencana usulan membangun terowongan bawah tanah yang menghubungkan antara Masjid Istiqlal dengan Gereja Katerdal Jakarta.

Bahkan, Jokowi sudah memberikan nama Terowongan Silaturahmi yang menghubungan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katerdal.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi di sela-sela meninjau proyek renovasi Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (7/2/2020).

"Juga tadi ada usulan dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Gereja Katedral tadi sudah saya setuju sekalian sehingga menjadi sebuah terowongan silaturahmi," kata Jokowi.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas