Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kongres PAN Sempat Memanas, Zulhas Singgung Pernyataan Amien Rais: Seperti Arena Smack Down. . .

Zulkifli akhirnya resmi mendaftar maju sebagai Calon Ketua Umum PAN periode 2020-2025.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kongres PAN Sempat Memanas, Zulhas Singgung Pernyataan Amien Rais: Seperti Arena Smack Down. . .
TRIBUNNEWS.COM/IST
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan bahwa perjuangan harus sampai akhir untuk membangun PAN terus maju, di Hotel Grand Clora, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (8/2/2020). Hal ini disampaikan Zulkifli Hasan dalam pidato politiknya didepan 380 kader PAN pendukung dirinya untuk kembali melanjutkan kepeminpinan sebagai Ketua Umum PAN periode 2020 -2025 di kongres ke V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, pekan depan. TRIBUNNEWS.COM/IST 

TRIBUNNEWS.COM, KENDARI -- Calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mendatangi tempat pendaftaran di detik-detik akhir di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020).

Zulkifli akhirnya resmi mendaftar maju sebagai Calon Ketua Umum PAN periode 2020-2025. Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, sempat menyatakan tidak niat maju.

Namun ada dukungan dari sekira 30 Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PAN, yang membuatnya maju.

Baca: Ustaz Abdul Somad Ditolak di Eropa, Rupanya Dilaporkan Kelompok LGBT hingga Singgung Reynhard Sinaga

"Mendaulat untuk saya bersedia mencalonkan diri. Walaupun 30 itu ada 4 pindah dukungan," ujar Zulhas di arena Kongres V PAN, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020).

Zulhas mengamini, jika ada kericuhan yang sempat terjadi di arena Kongres V PAN. Tapi, ucap Zulhas, ia meyakini usai penyelenggaraan antar pendukung akan bersatu lagi.

Baca: Suami Kasih Uang Rp 50 Ribu Setelah Sang Istri Layani Temannya di Ranjang, Videonya Viral

Zulhas pun mengingat perkataan tokoh senior PAN Amien Rais. Bahwa Kongres PAN seperti Smack Down, acara gulat, saling banting di arena, namun akan bersatu atau berdamai usai pertandingan.

Baca: Ricuh, Pendukung Mulfachri Minta Kongres PAN Diboikot

"Tapi PAN selesai Kongres bersatu lagi. Istilah Pak Amien seperti Smack Down, sesudah selesai PAN rukun dan bersatu kembali," tutur Zulhas.

BERITA TERKAIT

Mengutip Kompas.com, di pembukaan Kongres V PAN, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyampaikan pidato sambutannya di Lapangan MTQ Tugu Persatuan, Kendari, Senin (10/2/2020).

Dalam pidatonya, Zulkifli menyapa para pengurus dan politisi senior PAN yang berkesempatan hadir dalam acara pembukaan Kongres V PAN, seperti Hatta Rajasa dan Soetrisno Bachir.

Ia juga mengapresiasi kehadiran dua calon ketua umum PAN yang menjadi pesaingnya memperebutkan kursi ketua umum PAN, yaitu Asman Abnur dan Drajad Wibowo. 

"Caketum PAN sahabat saya saudara Asman Abnur, mas Drajad Wibowo sahabat kita juga sahabat saya," kata Zulkifli.

Zulkifli juga menyampaikan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais berhalangan hadir dalam pembukaan Kongres V PAN.

Sebab, Amien sedang menggelar rapat penting. Menurut Zulkifli, Amien tetap meminta Kongres V PAN dibuka sesuai jadwal.

"Yang kita muliakan Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais yang baru saja menyampaikan satu jam yang lalu ke mas Eko (Ketua OC Kongres PAN) sedang rapat penting, semoga bisa hadir. Namun, kalau tidak, acara bisa tetap dilanjutkan," ujarnya.

Baca: Survei Indonesia Political Opinion: Menteri Yasonna Laoly dan Fachrul Razi Layak Dicopot

Selanjutnya, Zulkifli mengajak para kader untuk mengingat cita-cita pendirian partai saat masa-masa awal reformasi 1998.

Baca: Indria Samego: Pengaruh Amien Rais Sudah Berkurang di PAN Jika Zulhas Terpilih Lagi

Ia mengatakan, PAN lahir untuk meluruskan cita-cita Indonesia bersatu, merdeka adil dan makmur.

 "PAN lahir di tengah-tengah pejuangan reformasi pada saat itu dengan tokoh utamanya amien rais 1998 dengan tujuan meluruskan cita-cita Indonesia merdeka itulah cita-cita PAN merdeka, bersatu dan berdaulat," sebutnya.

Usai membacakan pidato sambutannya, Zulkifli Hasan, Asman Abnur, Drajad Wibowo, hingga Sandiaga Uno membuka secara resmi Kongres V PAN dengan meniup alat musik tiup khas Sulawesi Tenggara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas