Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Puan Maharani Menangis Saat Terima Gelar Doktor Honoris

Kebahagiaan terpancar dari Ketua DPR Puan Maharani, karena hari Jumat (14/2/2020) menjadi hari bersejarah.

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Kebahagiaan terpancar dari Ketua DPR Puan Maharani, karena hari Jumat (14/2/2020) menjadi hari bersejarah.

Untuk pertama kalinya, Puan mendapatkan gelar doktor honoris causa dari Universitas Dipenogoro (Undip), Semarang. Penyerahan berlangsung di kampus Undip, Tembalang.

Dengan mengenakan toga kebesaran universitas, Puan melangkah memasuki Gedung Prof Sudarto Undip, didampingi sang ibu, Presiden kelima RI, Megawati Soekarno Putri. Ia kemudian naik ke panggung dan memberikan pidato.

Saat berorasi, Puan Maharani menitikkan air mata. Air mata menetes saat dirinya mengucapkan terimakasih kepada keluarganya. Dirinya teringat atas bimbingan sang ayah yang telah membentuknya menjadi pribadi yang berguna bagi bangsa.

"Ini gelar honoris causa saya yang pertama. Ini sejarah bagi saya," kata Puan saat jamuan makan malam dalam rangka pengukuhan gelar kehormatan doktor, sehari sebelumnya, Kamis (13/2).

"Kalau Ibu Megawati sudah punya gelar honoris causa sembilan, enggak tahu saya nanti kira-kira bisa punya honoris causa berapa. Bukan karena saya ingin menyaingi ibu saya. Tidak mungkin lah," tutur Puan.

Doktor honoris pertama ini sangat bersejarah dalam hidunya. Sebab, Puan juga merupakan perempuan pertama yang jadi Ketua DPR.

"Perempuan itu bisa kalau mau berjuang. Perempuan itu tidak perlu merasa tidak bisa. Kita punya kesempatan lebar asal bisa pergunakan itu dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Menurut Puan, usulan mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa datang saat dirinya menjabat sebagai Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Ia dipandang berjasa menganggarkan banyak anggaran untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Cucu Bung Karno ini merupakan orang ke 13 yang mendapat anugerah gelar Doktor Honoris Causa yang dikeluarkan oleh Undip selama Undip berdiri sejak 63 tahun yang lalu.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas