Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jemaah Umrah Asal Bandung Kembali ke Indonesia Setelah Sempat Transit di Kolombo

Rombongan jemaah umrah asal Bandung memutuskan pulang ke Indonesia setelah sehari menunggu kepastian boleh atau tidaknya masuk ke Mekah.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jemaah Umrah Asal Bandung Kembali ke Indonesia Setelah Sempat Transit di Kolombo
Istimewa
Jamaah umrah asal Bandung tertahan di Kolombo, Sri Lanka 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kisdiantoro

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Rombongan jemaah umrah asal Bandung memutuskan pulang ke Indonesia setelah sehari menunggu kepastian boleh atau tidaknya masuk ke Mekah, Arab Saudi, Kamis (27/2/2020) malam.

Yunus Abdillah, warga Bandung, jemaah umrah dari Traguna Tour & Travel mengatakan, rombongan umrah asal Bandung dan sejumlah daerah di Indonesia yang sempat transit di Kolombo, Srilanka, tak bisa meneruskan penerbangan ke Jeddah, Arab Saudi.

Pihak Arab Saudi sementara waktu menutup aktivitas kedatangan jemaah umrah dari negara-negara dengan kasus atau suspect virus corona.

"Sudah tidak memungkinkan masuk ke Jeddah, sangat ketat. Bismillah, keputusannya kita kembali malam ini ke Jakarta, transit Singapura," ujar Yunus Abdillah melalui sambungan WhatsApp, semalam.

Diberitakan sebelumnya, rombongan jemaah umrah dari Bandung dan rombongan dari kota lain tertahan di Kolombo, Srilanka, Kamis (27/2/2020).

Mereka belum bisa melanjutkan penerbangan ke Arab Saudi untuk ibadah umrah karena pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan larangan sementara kunjungan umrah untuk sejumlah negara dengan kasus suspect virus corona.

BERITA TERKAIT

Yunus Abdillah, jemaah umrah dari Traguna Tour &Travel menceritakan situasi terkini di Catamaran Hotel Beach, tempat menginap setelah penerbangan dari Indonesia pada Rabu (26/2/2020).

Baca: Nagita Slavina Tampil Santai di Rumah, Ternyata Harga Sandalnya Bisa Buat Beli 2 Motor Matik

Baca: Snack Buatan Indonesia Ini Ternyata Digemari Orang Korea Selatan, Ada Idol KPop yang Ketagihan

"Kemarin sore kami landing pukul 18 WIB, lanjut ke hotel istirahat semalam. Rencananya, siang ini sesuai issued tiket dari Srilanka Air, kami akan take off menuju Jeddah, sekita jam 14.00 waktu Srilanka," ujar Yunus Abdillah melalui pesan WhatsApp kepada Tribunjabar.id, Kamis (27/2/2020).

"Sekitar jam 10-an, pagi tadi, kami mendengar kabar ditutupnya penerbangan ke Arab Saudi akibat ditemukannya Suspect Covid 19. Sampai saat ini kami masih tertahan di Hotel Catamaran, sambil menunggu perkembangan selanjutnya, apakah akan lenjut atau kembali ke Jakarta," jelas Yunus Abdillah.

Saat dia melaporkan, di Kolombo waktu menunjukkan pukul 13.00 waktu Kolombo.

Dikatakan, di hotel yang sama ada dua rombongan umrah yang juga sedang menunggu kepastian untuk bisa terbang ke Jeddah.

Setelah makan siang, rombongan umrah asal Bandung itu berkumpul di kantin menunggu informasi kepastian penerbangan dan menyimak tausiah dari pimpinan rombongan umrah.

Baca: Intip Potret Mewahnya Kamar Claire Herbowo, Bayi Cantik Shandy Aulia yang Lama Dinantikan

Baca: Elektabilitas Prabowo Tertinggi Berdasarkan Survei untuk Pilpres 2024, Fadli Zon: Kasihan Pak Jokowi

Dalam video yang dibagikan Yunus Abdillah, ada seorang pria yang memimpin doa dan mengajak jamaah umrah bersabar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas