Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ditanya Soal Keputusan Menutup Pintu Masuk Indonesia, Jokowi: Belum Berpikir ke Arah Sana. . .

Presiden Joko Widodo mengaku belum memikirkan mengambil langkah menutup pintu masuk negara atau lockdown

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Ditanya Soal Keputusan Menutup Pintu Masuk Indonesia, Jokowi: Belum Berpikir ke Arah Sana. . .
Wartakota/Nur Ichsan
Presiden Jokowi melakukan pemantauan langsung penyemprotan cairan desinfektan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Banten. Jumat (13/3/2020). Pembersihan oleh petugas gabungan tersebut untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (Wartakota/Nur Ichsan) 

Laporan Reporter: Abdul Basith 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Sejumlah negara sudah mengambil langkah lockdown sehubungan dengan makin meluasnya wabah virus corona di banyak negara.

Namun Presiden Joko Widodo mengaku belum memikirkan mengambil langkah menutup pintu masuk negara atau lockdown meskipun cara itu dinilai sebagai salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

"Belum berpikir ke arah sana," ujar Jokowi usai meninjau Bandara Soekarno Hatta, Jumat (13/3/2020).

Beberapa negara yang melakukan lockdown antara lain adalah Italia, Denmark, Irlandia, dan negara lain untuk beberapa wilayah seperti Kota Manila dan Kota Daegu, Korea Selatan.

Padahal Jokowi bilang Indonesia memiliki 135 pintu masuk internasional baik bandara mau pun pelabuhan. Tidak hanya opsi lockdown, pencabutan bebas visa juga masih belum bertambah.

Baca: Virus Corona Bikin Kekayaan Banyak Miliuner Indonesia Rontok Sekejap, Siapa Saja?

Pencabutan bebas visa baru diterapkan untuk China, Italia, Korea Selatan, dan Iran. Status pandemi yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membuat sejumlah negara meninjau bebas visa.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya dalam keterangan tersebut Jokowi mengungkapkan penyebaran COVID-19 beredar cepat di sejumlah negara. Hal itu terlihat hingga saat ini ada 117 negara yang sudah terinfeksi.

"Satu minggu melompat dari 88 negara menjadi 117 negara. Artinya sekali lagi virus ini tidak mengenal batas negara," terang Jokowi.

Asal tahu saja saat ini sudah ada 34 kasus positif COVID-19 di Indonesia. Sebanyak 20 kasus merupakan penularan yang terjadi di luar Indonesia atau imported case.

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Kata Jokowi soal kemungkinan menutup pintu masuk Indonesia untuk cegah corona

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas