Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota Ormas Hingga Ahli Kesehatan Diusulkan Jadi Relawan Penanganan Virus Corona

Ia mengapresiasi dan menyetujui langkah pemerintah yang telah menetapkan situasi Indonesia saat ini sebagai kondisi bencana nasional akibat dampak

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Anggota Ormas Hingga Ahli Kesehatan Diusulkan Jadi Relawan Penanganan Virus Corona
www.ucsf.edu
ILUSTRASI Social Distancing - Social distancing adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona, menurut para ahli. 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Eskalasi penyebaran virus corona di Indonesia terus naik seiring bertambahnya pasien corona. Terakhir, pemerintah mengumumkan sudah ada 117 orang yang positif virus Covid-19.

Terkait hal tersebut Anggota Komisi VI DPR Marwan Jafar mengusulkan pembentukan relawan penanganan virus corona. Anggota relawan bisa berasal dari ormas, dokter, insan pers hingga para ahli kesehatan. 

"Para relawan pejuang ini mesti menyatakan: P.E.R.A.N.G terhadap virus Corona. Sekali lagi, mari kita bersatu padu memerangi virus corona. Caranya, membentuk posko-posko pelayanan di seluruh Indonesia buat mendeteksi-melacak (tracing) adanya warga yang terduga (suspect) virus corona. Relawan-pejuang ini bisa berasal dari sejumlah ormas, organisasi profesional mulai dari para peneliti, dokter maupun organisasi ahli-medis, organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa, kepramukaan, kampus, kalangan insan pers, serta sebaiknya melibatkan WHO,"ujar Marwan dalam pernyataan persnya, Senin (16/3/2020).

Baca: Fraksi PPP: Perlu Dipertimbangkan Opsi Tunda Pilkada 2020

Ia mengapresiasi dan menyetujui langkah pemerintah yang telah menetapkan situasi Indonesia saat ini sebagai kondisi bencana nasional akibat dampak virus penyakit Covid-19 atau Corona. 

Ia menegaskan hal itu sebagai langkah yang positif serta akan berdampak baik pada pelibatan kepada seluruh elemen bangsa, dan para pemangku kepentingan untuk bersama-sama mecegah dan menangani agar virus Corona tidak makin meluas ke seluruh Indonesia. 

"Hal itu juga merupakan wujud dari kepedulian negara demi keselamatan segenap rakyat, sekaligus sikap tanggap-cepat terkait bahaya virus corona yang dapat berdampak negatif pada sektor ekonomi serta masalah sosial dan psikologis," kata Marwan. 
    
Politikus PKB ini juga menjelaskan pembentukan relawan corona tersebut ditempuh agar publik mengetahui bahwa warga masyarakat sungguh-sungguh ingin membantu pemerintah serta sebagai wujud nyata solidaritas sosial dan komitmen perang terhadap virus Corona tanpa menafikan kesigapan pemerintah pusat dan daerah yang sudah lekas menangani virus Corona secara tepat. 

Baca: Suhendra: Dukungan Politik Parpol Ringankan Jokowi Atasi Corona

 Selain itu kata dia pasien yang terindikasi (suspect) mesti disediakan rumah sakit khusus buat menangani pasien Corona atau sebaiknya tidak dicampur dengan pasien biasa. 

BERITA TERKAIT

Namun diketahui misalnya, belum semua rumah sakit belum siap benar. Solusinya lanjut Marwan dapat 'menyulap' atau memanfaatkan kamar hotel-hotel khusus buat mengisolasi orang dengan terduga virus Corona meski pemerintah akan membangun rumah sakit khusus corona di pulau Galang, Batam. 

"Seiring melengkapi kesiapan rumah-sakit yang ada, pemerintah dapat segera menyiapkan satu atau dua hotel di seluruh Indonesia, terutama daerah-daerah yang penyebaran virus coronanya banyak, menjadi rumah-sakit siap tampung orang suspect Corona, dengan tenaga medis, obat dan alat kesehatan yang diperlukan,"ujarnya. 

Baca: Virus Corona Menyebar Sangat Cepat, Pahami Perbedaan Lockdown dan Status KLB di Beberapa Kota

Pemerintah pusat juga dapat bersinergi dengan pemerintah daerah terkait pemanfaatan hotel-hotel jadi semacam rumah-sakit darurat dengan memberikan insentif tertentu atas alih fungsi tersebut. 

Mantan Ketua Fraksi PKB itu mengusulkan pula pemerintah menyewa pesawat khusus yang mempunyai alat pendeteksi sterilisasi virus Corona dan khusus buat mengangkut pasien terduga virus Corona ke rumah sakit-rumah sakit darurat yang telah disiapkan tadi. 

Sebagai contoh, ketika musim haji tiba, pemerintah kita juga menyewa pesawat buat mengangkut para jemaah haji Indonesia. Cukup banyak pesawat domestik yang biasa disewa dan bila perlu bisa menyewa pesawat dari luar negeri. 

Marwan juga mengajak kepada para Anggota DPR RI dan DPRD seluruh Indonesia, melalui rapat-rapat di komisi yang membidangi kesehatan, Badan Anggaran hingga Rapat Paripurna yang tentu akan menyetujui sejumlah langkah pemerintah menangani virus Corona dan menyetujui anggaran yang diperlukan. 

Berikutnya menurut Marwan dengan ditetapkannya Indonesia sebagai darurat bencana nasional, ia mengajak seluruh rakyat Indonesia agar tidak panik dalam menghadapi serangan virus Corona ini. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas