Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Terapkan Bekerja di Rumah, BPPT Pakai Aplikasi Fabiola

Fabiola merupakan sebuah aplikasi yang disusun oleh BPPT untuk melakukan presensi secara digital berdasar pada aspek deteksi wajah

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Terapkan Bekerja di Rumah, BPPT Pakai Aplikasi Fabiola
Frederic J. BROWN / AFP
Seorang pelancong internasional yang mengenakan masker di Bandara Internasional Los Angeles (LAX) pada 12 Maret 2020 sehari sebelum larangan bepergian penerbangan AS pada 26 negara Eropa sebagai bentuk pencegahan berkelanjutan terkait virus corona 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) merupakan bagian dari pembatasan interaksi (Social Dinstancing) tatap muka maupun kontak fisik untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

WFH ini tidak hanya dilakukan oleh banyak korporasi, namun juga diterapkan pada Aparatur Sipil Negara (ASN) kementerian dan lembaga (K/L) pemerintahan.

Baca: KONDISI TERKINI Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Pascapositif Corona

Langkah ini dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Sebagai lembaga pemerintahan yang berfokus pada bidang kaji terap teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pun turut menerapkan WFH.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, lembaga ini menggunakan aplikasi khusus, yakni 'Fabiola' untuk menjaga produktivitas kerja para pegawainya.

Fabiola merupakan sebuah aplikasi yang disusun oleh BPPT untuk melakukan presensi secara digital berdasar pada aspek deteksi wajah (face biometric) dan lokasi (location authentication).

BERITA TERKAIT

Saat ini, penerapan presensi menggunakan aplikasi ini telah memasuki hari kedua dalam pelaksanaan sistem WFH.

Melalui Fabiola, Hammam mengaku dirinya dapat mengetahui bahwa nyaris 2.000 pegawai BPPT telah melakukan presensi digital melalui ponselnya masing-masing.

"Seiring imbauan Social Distancing dan work from home, BPPT sedang menjalankan presensi digital dari jarak jauh. Sistem aplikasi ini bernama Fabiola yang merupakan singkatan dari presensi berbasis Face Biometric dan Location Authentication," ujar Hammam, di Kantor BPPT, Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Ia pun menjelaskan bahwa penerapan WFH adalah bentuk digitalisasi pekerjaan dari rumah.

Sekaligus membangun manajemen pengetahuan terkait kegiatan pengkajian dan penerapan teknologi.

Sistem ini juga menggunakan teknologi face recognition yang selama ini sudah dikembangkan.

Fabiola ini dapat mencatatkan kehadiran dan kepulangan kerja para pegawai dari berbagai lokasi.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas