Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Evi Novida Ginting Manik Tempuh Langkah Hukum Sikapi Putusan DKPP Soal Pemberhentian Tetap Dirinya

Evi Novida Ginting akan mengajukan gugatan ke pengadilan untuk membatalkan putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Evi Novida Ginting Manik Tempuh Langkah Hukum Sikapi Putusan DKPP Soal Pemberhentian Tetap Dirinya
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPU Arief Budiman (kiri) didampingi Komisioner KPU Evi Novida Ginting (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan terkait sikap KPU terhadap putusan DKPP di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Dalam keterangannya, KPU menghormati keputusan DKPP, namun KPU menilai Evi Novida Ginting telah melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi dan bukan melanggar etik. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAEvi Novida Ginting Manik akan mengajukan gugatan ke pengadilan untuk membatalkan putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Nomor 317-PKE-DKPP/X/2019 tanggal 18 Maret 2020.

Dia merasa keberatan setelah diberhentikan tetap oleh pihak DKPP sebagai Komisioner KPU RI.




Evi diberhentikan karena dinilai telah melakukan pelanggaran kode etik mengintervensi jajaran KPU Provinsi Kalimantan Barat terkait penetapan hasil perolehan suara dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat.

Baca: Respon KPU Terkait Putusan DKPP yang Memecat Evi Novida

“Saya akan mengajukan gugatan untuk meminta pembatalan putusan DKPP,” kata Evi saat sesi jumpa pers di kantor KPU RI yang disiarkan melalui live streaming, Kamis (19/3/2020).

Evi mengungkapkan sejumlah alasan yang membuat dirinya merasa keberatan terhadap putusan tersebut.

Pertama, kata dia, Hendri Makaluasc, selaku pengadu pada perkara tersebut sudah mencabut permohonan.

Baca: BREAKING NEWS: DKPP Jatuhkan Sanksi Pemberhentian Tetap Kepada Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting

BERITA TERKAIT

“Pengadu sudah mencabut pengaduan dalam sidang DKPP tanggal 13 November 2019. Pencabutan disampaikan pengadu kepada majelis DKPP secara langsung dalam sidang dengan menyampaikan surat pencabutan laporan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu,” kata dia.

Adanya pencabutan permohonan itu, menurut dia, menandakan pengadu menerima keputusan KPU Kalimantan Barat.

Selain itu, dia menegaskan, tidak ada pihak dirugikan atas terbitnya Keputusan KPU Kalimantan Barat Nomor: 47/PL.01.9- Kpt/61/Prov/IX/2019 yang dibuat atas dasar rapat pleno tertutup tanggal 10 September 2019.

“DKPP memiliki kewenangan secara pasif mengadili pelanggaran kode etik yang diajukan pengadu. Artinya DKPP tidak bisa melakukan pemeriksaaan etik secara aktif apabila tidak ada pihak yang dirugikan. Pencabutan pengaduan mengakibatkan DKPP tidak mempunyai dasar menggelar peradilan etik lagi,” katanya.

Baca: Ini Alasan DKPP Jatuhkan Sanksi Pemberhentian Tetap Kepada Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting

Jika, mengacu Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dia mengklaim, DKPP telah melebihi kewenangan.

Sebab, aturan itu menegaskan DKPP sebagai lembaga peradilan etik yang bersifat pastif.

Atau dalam arti lain, DKPP tidak dapat bertindak apabila ada pihak yang dirugikan.

Alasan kedua, dia mengungkapkan, putusan DKPP kepada jajaran KPU RI dan KPU Kalimantan Barat berlebihan, karena tidak ada pihak dirugikan.

Dia menilai, pokok permasalahan berada pada perbedaan penafsiran terhadap putusan Mahkamah Konstitusi terkait Perkara Nomor: 154-02-20/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019.

Alasan ketiga, dia menambahkan, putusan DKPP itu menandakan majelis sidang DKPP tidak melaksanakan Pasal 36 ayat 2 Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2019, yang mewajibkan pleno pengambilan keputusan dihadiri paling sedikit 5 orang anggota DKPP.

Dia membeberkan putusan DKPP itu diputuskan oleh empat orang ketua dan anggota DKPP, yaitu Muhammad selaku Plt Ketua merangkap Anggota, Alfitra Salam, Teguh Prasetyo, dan Ida Budhiati.

“Putusan cacat hukum dan mengakibatkan batal demi hukum. Semestinya tidak dapat dilaksanakan,” katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas