Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kata Ikatan Apoteker Indonesia Soal Obat Avigan & Chloroquine yang Disebut Efektif Hadapi Corona

Hasilnya menunjukan efektivitas yang cukup baik, sehingga harapan kita obat ini bisa cepat untuk digunakan kepada pasien virus Corona

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Kata Ikatan Apoteker Indonesia Soal Obat Avigan & Chloroquine yang Disebut Efektif Hadapi Corona
SURYAMALANG.COM/Farid Mukarrom
Mahardian Rahmadi, S.Si.,M.Sc.,PhD.,Apt Sekertaris Dewan Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Provinsi Jawa Timur saat di wawancarai Surya.co.id pada Sabtu (21/3/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Obat Avigan (Favipiravir) dan Chloroquine ( obat anti Malaria) disebut -sebut sebagai obat untuk pasien yang terinfeksi virus corona.

Seperti apakah gambaran dua obat ini ? 

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jawa Timur memberikan respon tentang obat Avigan (Favipiravir) dan Chloroquine yang digunakan untuk menyembuhkan pasien virus Corona kepada SURYAMALANG.COM hari Sabtu (21/3/2020).

Mahardian Rahmadi, S.Si.,M.Sc.,PhD.,Apt Sekertaris Dewan Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Provinsi Jawa Timur mengatakan untuk obat Avigan (Favipiravir) dan Chloroquine ( obat anti Malaria) merupakan obat yang aman untuk digunakan.

 

Baca: Kasus Suami Jual Istri di Tuban: Tergiur Fantasi Film Biru, 4 Orang Berhubungan Sekaligus

Baca: Viral Foto-Foto Panas Model Cantik di Surabaya, Polisi Ungkap Kronologi dan Modus Sang Fotografer

Baca: Anggota DPRD Blora Marah-Marah Tolak Dicek Kesehatan Sepulang Kunker dari Lombok, Ini Kronologinya

"Obat ini sudah melalui uji klinis, dan sudah lama digunakan untuk mengobati penyakit yang lain, "ujarnya.

Menurut Mahardian Rahmadi obat Chloroquine (obat anti malaria) sudah dilakukan uji kepada pasien virus Corona yang ada di Wuhan.

"Hasilnya menunjukan efektivitas yang cukup baik, sehingga harapan kita obat ini bisa cepat untuk digunakan kepada pasien virus Corona, " ujarnya.

Manambahkan Mahardian Rahmadi untuk obat jenis Avigan (Favipiravir) merupakan obat yang biasa digunakan untuk virus flu burung.

BERITA TERKAIT

" Karena jenis virus Corona ini mirip dengan virus flu burung maka diharapkan dengan obat itu bisa menyembuhkan pasien virus Corona, " ujarnya.

Sekertaris Ikatan Apoteker Indonesia Provinsi Jawa Timur itu juga mengatakan untuk penggunaan kedua obat Avigan (Favipiravir) dan Chloroquine ( obat anti Malaria) itu harus melalui Resep dokter.

" Tidak dijual bebas, obat tersebut harus dalam pengawasan dari dokter, " katanya

 (Farid Mukarrom/SuryaMalang.com)

Artikel ini telah tayang di suryamalang.com dengan judul Obat Avigan dan Chloroquine Jadi Obat Virus Corona atau Covid-19, Begini Penjelasan IAI Jatim, https://suryamalang.tribunnews.com/2020/03/21/obat-avigan-dan-chloroquine-jadi-obat-virus-corona-atau-covid-19-begini-penjelasan-iai-jatim.


Sumber: Surya Malang
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas