Tribun

Virus Corona

Besok, Obat Virus Corona Seberat 9 Ton dari Shanghai Tiba di Indonesia

"Dan besok pagi pesawat akan landing di Halim Perdana Kusuma kurang lebih pukul 09.30 WIB," kata dia.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
Besok, Obat Virus Corona Seberat 9 Ton dari Shanghai Tiba di Indonesia
Puspen TNI/Puspen TNI
Pesawat TNI C-130 Hercules yang membawa alat kesehatan dari Shanghai China hari ini telah tiba di Lanud Sadjad Natuna Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah mengirim pesawat Hercules untuk mengangkut obat dari Shanghai, Cina.

Pesawat tersebut telah sampai di Shanghai pada Sabtu (21/3/2020).

Pesawat itu membawa obat yang telah dibeli oleh Pemerintah Indonesia seberat kurang lebih 9 ton yang akan digunakan untuk penanganan pasien Covid-19 akibat virus corona.

"Jadi informasi pengambilan obat di Shanghai, kita sudah terbangkan kemarin satu Pesawat Hercules dengan kapasitas membawa peralatan maupun obat kurang lebih 9 ton," kata Hadi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020).

Baca: China Daratan Laporkan Nol Kasus Lokal Virus Corona di Hari ke-3

Hadi mengatakan, Minggu ini pesawat tersebut terbang dari Shanghai menuju Jakarta. "Kemungkinan akan transit dulu di Ranai karena jaraknya agak jauh. Dan besok pagi pesawat akan landing di Halim Perdana Kusuma kurang lebih pukul 09.30 WIB," kata dia.

Ia menegaskan, barang-barang tersebut menjadi tanggung jawab dari Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. Kemudian obat tersebut akan diterima oleh Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono dan Kepala Staf Umum TNI, Joni Supriyanto.

Baca: Ramalan Zodiak Besok, Senin 23 Maret 2020, Capricorn Lebih Sensitif dan Scorpio Dilanda Rasa Jengkel

Diberitakan sebelumnya, pemberangkatan satu unit pesawat C130 Hercules tersebut sesuai dengan surat permohonan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI, Fajara Adriyanto.

Menurut Fajar, pesawat bernomor registrasi A-1333 yang dikemudikan Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo telah lepas landas dari Lapangan Udara Abduravhman Saleh Sabtu pagi kemarin. Pesawat tersebut terbang dengan rute Malang-Natuna-Hainan-Shanghai.

"Sebanyak 21 kru pesawat dan pendukung turut serta dalam misi ini, beserta personel dari Kemhan RI," ujar Fajar.

Selama proses penjemputan itu, pesawat akan melakukan dua kali transit di Lanud Raden Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta penggunaan pesawat TNI untuk mengangkut alat kesehatan dari Shanghai, Cina.

Hal itu dilakukan guna mengatasi penyebaran virus corona di Indonesia. Prabowo ingin pesawat TNI digunakan agar mempermudah proses birokrasi antar pemerintah.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas