Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan HUT ke-68 Kopassus Digelar Secara Sederhana dan Jalankan Protokol Kesehatan

Kopassus) menggelar peringatan hari jadinya yang ke-68 secara sederhana di Balai Komando, Makopassus, Cijantung Jakarta Timur, Kamis (16/4/2020).

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Peringatan HUT ke-68 Kopassus Digelar Secara Sederhana dan Jalankan Protokol Kesehatan
Tribun Jateng/Daniel Ari Purnomo
Ilustarsi: prajurit Kopassus. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar peringatan hari jadinya yang ke-68 secara sederhana di Balai Komando, Makopassus, Cijantung Jakarta Timur, Kamis (16/4/2020).

Upacara peringatan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Hymne Komando, kemudian dilanjutkan dengan amanat Danjen Kopassus dan pemutaran film dokumentasi kegiatan satuan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan doa dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Danjen Kopassus, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Tumpeng tersebut kemudian diberikan kepada dua prajurit berprestasi yaitu Sertu (K) Pratiwi Kartikasari yang berprestasi di bidang olahraga menembak dan Sertu Alvian Rizki yang berhasil di daerah penugasan.

Baca: Di Sela-sela Latihan Militer, Kopassus Sempatkan Gelar Bakti Sosial di Bandung Barat

Dalam amanatnya Cantiassa menjelaskan peringatan HUT Kopassus sengaja dilaksanakan secara singkat dan sederhana.

Ia mengatakan acara tersebut diselenggarakan dengan tetap mempedomani protokol kesehatan seperti physical distancing dan menggunakan masker serta hanya dihadiri para asisten, kabalak, dan pamen ahli.

BERITA TERKAIT

Namun demikian, Cantiassa berharap agar hal tersebut tidak mengurangi nilai-nilai tradisi dan makna dari peringatan itu sendiri.

Jenderal bintang dua tersebut selanjutnya berpesan kepada seluruh anggota yang saat ini mengawaki Kopassus untuk mewarisi nilai-nilai dan meneruskan perjuangan para pendahulu.

"Karena kedepan tantangan yang akan dihadapi di medan penugasan tidak akan semakin mudah, dan menuntut profesionalitas yang tinggi," kata Cantiassa dalam keterangan resmi dari Kepala Penerangan Kopassus Letkol Inf Susilo EB, Kamis (16/4/2020).

Baca: Ternyata Ayah Iqbaal Ramadhan Bukan Orang Sembarang, Pantas Rekan Vanessa Prescilla Dikawal Kopassus

Karenanya, menurut Cantiassa pembangunan kekuatan Kopassus akan terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan dari tahap sebelumnya menuju terwujudnya Postur Kopassus yang Ideal.

"Pembangunan kekuatan Kopassus tetap difokuskan kepada pembangunan sumber daya manusia yang didukung dengan modernisasi alutsista. Fokus pembangunan ini sejalan dengan visi yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo SDM Unggul Indonesia Maju," kata Cantiassa dalam keterangan tersebut.

Ia berharap dengan adanya SDM yang unggul, Kopassus akan semakin tumbuh dan berkembang sebagai sebuah kekuatan yang adaptif, memiliki keunggulan dan mampu berkompetisi di era global.

Kepala Penerangan Kopassus Letkol Inf Susilo EB mengatakan. beberapa hari sebelumnya Kopassus juga bekerja sama dengan organisasi Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) dan Alumni SMA Jakarta Bersatu (ASJB) dalam rangka menyambut HUT ke-68 Kopassus dengan memberikan bantuan dua ribu paket sembako kepada tenaga honorer di lingkungan Kopassus dan warga desa binaan satuan.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yakni Senin 13 April 2020 dan Selasa 14 April 2020.

"Pembagian sembako dilaksanakan secara door to door ke penerima atau melalui koordinator untuk menyesuaikan dengan kebijakan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta," kata Susilo.

Pada hari pertama, Senin (13/4/2020) pembagian dilaksanakan di lokasi desa binaan di Jakarta Selatan meliputi Kelurahan Tanjung Barat, Kelurahan Tengah dan Kelurahan Lenteng Agung.

"Selanjutnya pada hari kedua, Selasa (14/4/2020) dilaksanakan untuk wilayah Jakarta Timur meliputi Kelurahan Pulo Gebang, Kelurahan Penggilingan, Kelurahan Pulo Jahe, Kelurahan Cakung dan Kelurahan Rawa Terate," kata Susilo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas