Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Dubes Inggris Sampaikan Pesan Hari Bumi di Tengah Pandemi Virus Corona

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, menyampaikan pesan Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April.

Dubes Inggris Sampaikan Pesan Hari Bumi di Tengah Pandemi Virus Corona
TRIBUN MEDAN/Riski Cahyadi
Ilustrasi: Peserta karnaval berada di dekat miniatur bola dunia memperingati Hari Bumi di kawasan Lapangan Merdeka, Medan, Sumatera Utara, Minggu (22/4/2018). Karnaval memperingati Hari Bumi tersebut mengusung tema Wujudkan Keadilan Ekologi untuk Keselamatan Rakyat. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu Pancarini

TRIBUNNNEWS.COM, JAKARTA - Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, menyampaikan pesan Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April.

Melalui video yang diterima Tribunnews.com, Rabu (22/4/2020), Owen mengingatkan, peringatan Hari Bumi tahun ini yang memasuki tahun ke-50 memiliki tantangan baru, yakni adanya pandemi virus corona atau Covid-19.

"Tindakan pemerintah dan masyarakat sedang fokus untuk penanganan virus tetapi kita tidak boleh kehilangan fokus terhadap tantangan lain yang kita hadapi sebagai umat manusia, yakni perubahan iklim," kata Owen.

Baca: PSBB Diperpanjang, Anies: Tak Ada Lagi Peringatan, Kini Fase Penindakan

Ia mengatakan, pentingnya kerja sama negara dan komunitas lingkungan internasional dalam penanganan perubahan iklim, terlebih Indonesia memiliki keanekaragaman alam yang indah.

Satu solusi yang bisa dilakukan adalah fokus pada energi terbarukan, agar keindahan lingkungan bisa dinikmati generasi mendatang.

"Indonesia membuat progres dalam melindungi harta karun itu dengan mengurangi deforestasi, mengurangu sampah plastik, dan melindungi samudera, tetapi seperti negara-negara lain di dunia, Indonesia tetap rentan dari dampak perubahan iklim. Sebagai negara kepulauan, seperti negara saya Inggris, Indonesia rentan terhadap naiknya level permukaan laut," ujar Dubes.

Baca: Ada Larangan Mudik, Organda: Banyak PO Bus Berhenti Beroperasi

Dubes Owen juga berkata tahun depan Inggris akan jadi tuan rumah COP26 dan berharap penyelenggaraan kegiatan itu sukses.

“Saya berharap situasi krisis yang diakibatkan oleh covid-19 bisa mereda dan kita bisa kembali ke aktivitas seperti biasa. Tentunya saya menantikan untuk bisa kembali bekerja sama dengan indonesia untuk mengatasi perubahan iklim. Bersama kita bisa!,” ujar Owen.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas