Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Sidang Uji Materi Perppu Corona Digelar Secara Tatap Muka

Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang uji materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia (Perppu)

Sidang Uji Materi Perppu Corona Digelar Secara Tatap Muka
Tangkap Layar kanal YouTube Kompas TV
Anwar Usman bacakan putusan soal eks napi koruptor boleh mencalonkan diri di Pilkada. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAMahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang uji materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020, di ruang sidang pleno MK, pada Selasa (28/4/2020).

Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara Dan Stabilitas Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Dan/Atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan.

Sidang digelar pada masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) itu memperhatikan hukum acara dan standar protokol kesehatan.

Baca: Legislator PDIP: TVRI Jangan Mendewakan Share dan Rating

Sidang digelar sesuai Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 1 Tahun 2020 tentang Persidangan Mahkamah Konstitusi.

”Kami setuju melakukan sidang di satu ruangan dengan mengubah tempat posisi ruang persidangan sesuai protokol kesehatan yang berlaku,” kata Ketua MK, Anwar Usman, seperti dilansir laman MK, Senin (27/4/2020).

Keputusan menggelar sidang itu diputuskan dalam rapat koordinasi antara hakim konstitusi dengan Panitera dan Sekjen beserta jajarannya pada Jumat (24/4/2020) yang dilakukan melalui konferensi video (video conference).

Rapat koordinasi diikuti oleh seluruh Hakim Konstitusi. Seluruhnya sepakat mengenai perlunya prioritas dalam penanganan permohonan terkait uji materiil Perppu Nomor 1 Tahun 2020 terkait Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Covid-19.

MK akan menggunakan fasilitas video conference MK yang ditempatkan di 43 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Baca: Jadi Tahanan Kota Saat Hamil, Vanessa Angel dan Suami Banting Setir Jualan Kebab

“Oleh karena itu apa pun yang terjadi sekarang merupakan ujian cobaan bagi kita,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen MK M. Guntur Hamzah, menjelaskan, pihak keamanan MK akan bertindak tegas untuk melaksanakan protokol tersebut kepada para pihak yang hadir.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas