Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PKS Minta Pemerintah Perbaiki Stok dan Distribusi Pangan Jelang Lebaran Saat Pandemi Corona

Andi Akmal Pasluddin meminta Kementerian Pertanian bukan saja menjamin stok pangan aman hingga hari raya Idul Fitri nanti.

PKS Minta Pemerintah Perbaiki Stok dan Distribusi Pangan Jelang Lebaran Saat Pandemi Corona
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga berbelanja di Toko Tani Indonesia Centre, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (22/4/2020). Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk mengawasi rantai pasok dan stok pangan yang ada di pasaran untuk mengantisipasi kebutuhan pokok di tengah pandemi COVID-19 sekaligus menjelang bulan ramadan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI fraksi PKS Andi Akmal Pasluddin meminta Kementerian Pertanian bukan saja menjamin stok pangan aman hingga hari raya Idul Fitri nanti.

Namun, ada tindak lanjut yang sangat penting setelah ketersediaan yang cukup, yakni pola distribusi yang baik sehingga tidak menimbulkan ketidakseimbangan stok antara daerah kota besar dan perdesaan, antara pulau Jawa dan non pulau jawa.

Menurut Akmal, manajemen stok di setiap wilayah seluruh Indonesia menjadi regulasi penting untuk memastikan jumlah stok aman secara nasional telah terdistribusi ke seluruh daerah sesuai dengan proporsi jumlah penduduk.

Baca: Bamsoet Gelar Rapid Test dan Suntik Vitamin C bagi Kader dan Keluarga Besar FKPPI

Baca: Kemenperin Diminta Libatkan Pemprov DKI soal Pemberian Izin Operasi Perusahaan di Masa PSBB

Baca: Fakta 4 Pasangan Gadis Sesama Jenis Bunuh Driver Taksi Online, Jasad Dibuang, Terungkap Motifnya

"Saya apresiasi Mentan yang telah menjamin 11 komoditas pangan nasional selama wabah Covid-19. Apalagi saat ini secara bersamaan telah menghadapi situasi bulan Ramadhan dan akan masuk momen hari raya Idul Fitri. Namun, perlu menjadi perhatian pemerintah, saat ini peternak ayam banyak menghadapi kebangkrutan, harga gula dan bawang putih menjadi polemik," kata Akmal kepada wartawan, Selasa (28/4/2020).

Politikus PKS ini menjelaskan gula pasir, daging sapi dan bawang putih saat ini menjadi komoditas yang terus bermasalah pada persoalan harga.

Sedangkan komoditas pokok lain, lanjut Akmal, seperti beras, jagung, bawang merah, cabai besar, cabai rawit, telur ayam, dan minyak goreng memiliki kestabilan.

Namun, ancaman distribusi ke daerah-daerah akan selalu menjadi persoalan tersendiri.

Legislator asal Sulawesi Selatan ini meminta Kementan bekerjasama dengan Bulog untuk memastikan distribusi logistik aman.

"Saat ini jasa logistik memiliki keterlambatan yang signifikan. Berbagai jasa pengiriman barang menunjukkan telah menghilangkan jaminan ketersampaian jasa sehari sampai. Ini merupakan tanda, logistik pemerintah perlu waspada bahwa di lapangan ada persoalan terkait distribusi ini," ucapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: chaerul umam
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas