Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ibadah Haji 2020

Kemenag Siapkan 20 Video Manasik Haji Untuk Bina Calon Jemaah Di Tengah Pandemi Corona

20 serial video manasik daring (online) disiapkan Kementerian Agama Indonesia (Kemenag RI) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Kemenag Siapkan 20 Video Manasik Haji Untuk Bina Calon Jemaah Di Tengah Pandemi Corona
Tribunnews.com/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019
Ilustrasi musim haji di Masjidil Harama, Makkah, Arab Saudi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – 20 serial video manasik daring (online) disiapkan Kementerian Agama Indonesia (Kemenag RI) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Video tersebut ditayangkan perdana di saluran Youtube resmi Kemenag RI, Jumat (1/5/2020) dan akan ditayangkan setiap hari selama bulan Ramadan.

“Video ini salah satu inovasi sekaligus komitmen Kementerian Agama yang telah mencanangkan tahun 2020 sebagai tahun manasik haji,” ujar Direktur Bina Haji Kemenag, Khoirizi dalam keterangannya, Jumat (1/5/2020).

Baca: Update: 6 Orang Sembuh di Salatiga, 5 Lainnya Masih Dirawat

Khoirizi menyampaikan sesuai UU Nomor 8 Tahun 2019, Pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pembinaan manasik kepada calon jemaah haji Indonesia.

Dalam suasana pandemi virus corona atau Covid-19 ini, manasik haji tidak mungkin dilaksanakan secara tatap muka.

Untuk memenuhi kewajiban Kemenag RI melalui Ditjen PHU melakukan adaptasi dan inovasi manasik haji dengan memberikan manasik secara online.

Baca: Oki Setiana Dewi Raih Golden Button, Padahal Awalnya Cuma Iseng Simpan Video Ceramah di Youtube

“Biasanya kita hanya melakukan manasik secara klasikal, yang tentunya hari ini tidak bisa dilakukan, karena tidak boleh mengumpulkan orang. Sehingga video ini menjadi alternatifnya,” kata Khoirizi.

Sementara Kasubdit Pembinaan Jemaah Arsyad Hidayat menyampaikan, 20 serial video manasik haji online ini akan ditayangkan di channel Youtube Kemenag secara rutin setiap hari selama Ramadan.

“Agar jemaah lebih mudah menangkap pembelajarannya, kami telah membuat video dengan durasi yang cukup singkat. Yaitu kurang dari tiga menit untuk setiap materinya,” kata Arsyad.

Baca: Buruh Minta Kartu Pra Kerja Dibatalkan, Sebut Hamburkan Uang Rakyat hingga Dugaan Bagi-bagi Proyek

Sementara itu, Dirjen PHU, Nizar Ali mengatakan isi konten video berisi tentang pemahaman konseptual ibadah haji sekaligus tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah sesuai dengan prosedur yang ditentukan agama atau sesuai dengan syariat.

Video manasik haji tersebut dapat dilihat dan diputar kapanpun, sehingga Nizar berharap calon Jemaah haji nantinya dapat menguasai praktek diluar kepala dengan baik dan benar.

“Dan pada akhirnya nanti, insyaAllah calon jemaah haji dapat menguasai di luar kepala, sehingga jemaah haji akan mampu melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar sesuai ketentuan syar’i, dan insyaAllah akan memperoleh haji mabrur,” ujarnya.

Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas